Ini Prediksi Titik Kemacetan di Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran

Proyek pembangunan Tol Trans Jawa diprediksi segera rampung dan dapat digunakan saat arus mudik Lebaran 2018.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 06 Apr 2018, 20:41 WIB
Proyek pembangunan Tol Trans Jawa. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Liputan6.com, Jakarta - Proyek pembangunan Tol Trans Jawa diprediksi segera rampung dan dapat digunakan saat arus mudik Lebaran 2018. Hanya saja, masih ada beberapa ruas tol yang baru bisa digunakan secara fungsional atau sementara.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa memprediksi animo masyarakat yang mudik melalui Tol Trans Jawa nanti cukup tinggi. Dia juga telah memprediksi titik-titik kemacetan di sepanjang Tol Jakarta-Surabaya tersebut.

"Potensi macet akan ada di Semarang dan beberapa exit termasuk Gandulan," ujar Royke saat meninjau jalur mudik Lebaran, Tegal, Jumat (6/3/2018).

Royke menuturkan, kemacetan di kawasan Tol Cikampek tetap terjadi di beberapa titik seperti KM 10, KM 16, dan KM 36 disebabkan adanya penyempitan jalan.

Kemacetan yang cukup parah diperkirakan akan terjadi di gerbang tol Gandulan, Pemalang, Jawa Tengah. Di gerbang tol tersebut akan ada sekitar 18 pintu termasuk yang mengarah keluar ke arteri.

"Nanti kami akan menggunakan beberapa skenario untuk mengatasi itu, misalnya dikeluarkan di beberapa exit sebelumnya, mungkin di Brexit, Brebes Timur, Brebes Barat, Kancing, atau Pejagan," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Kemacetan di Semarang

Kondisi terkini ruas tol trans Jawa ruas Pejagan-Pemalang. (Foto: Liputan6.com/Polres Pemalang/Muhamad Ridlo)

Sementara di kawasan Semarang, kemacetan diprediksi akan terjadi di gardu tol Krapyak atau Manyaran. Sebab, gardu tersebut memliki beban dari arus nasional, yakni Jakarta-Surabaya dan juga arus lokal.

Selanjutnya, langganan kemacetan juga diprediksi kembali terjadi di Simpang Mengkreng, Kediri, Jawa Timur. Kemacetan di situ juga disebabkan adanya jalur kereta api.

Namun persoalan di Simpang Mengkreng diharapkan dapat diatasi dengan adanya Jembatan Kali Konto yang saat ini dalam pembangunan. "Kemarin kami tinjau mereka optimis, mudah-mudahan (jembatan) tersambung sehingga Simpang Mengkreng terselamatkan," ucap Royke.

Irjen Royke Lumowa dan tim Korlantas Polri meninjau jalur Tol Trans Jawa untuk persiapan arus mudik Lebaran 2018. Peninjauan dimulai dari Surabaya dengan menyusuri tol-tol hingga berakhir di Jakarta. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya