Sahabat Ceritakan Detik-Detik Jelang Meninggalnya Bassist Navicula

Sahabat Indra Made membagikan ceritanya sesaat sebelum pemain bas Navicula itu meninggal dunia.

oleh Surya Hadiansyah diperbarui 27 Mar 2018, 13:00 WIB
Perginya Made untuk selama-lamanya ini menyusul sang kekasih, Afiriana Dewi yang meninggal lebih dulu, yakni sesaat setelah keduanya mengalami kecelakaan pada Sabtu (24/3/2018). (Instagram/indramade_)

Liputan6.com, Jakarta - Rudolf Dathu, sosok yang pernah memanajeri Superman Is Dead dan Navicula, membagikan ceritanya perihal detik-detik sebelum Indra Made, pemain bas Navicula, meninggal dunia.

Ia menceritakan hal tersebut melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Selasa (27/3/2018). Dalam unggahan tersebut, diketahui bahwa dokter di rumah sakit Ubud sempat pesimis dengan kondisi Indra Made Navicula.

"Di Ubud, tak lama setelah kecelakaan terjadi, dokter yang bertugas malam itu ngomong gamblang ke saya, "Pak, siap-siap aja dengan kemungkinan terburuk."," tulis Rudolf Dethu di unggahan tersebut.

Pemain bas Navicula itu pun sempat bisa bertahan dari masa kritis tersebut dan akhirnya dirujuk ke rumah sakit Sanglah.

2 dari 5 halaman

Bertahan

Berita duka cita ini disampaikan langsung oleh manajemen Navicula lewat akun Instagramnya @naviculamusic. Tertuliskan kabar duka dan ucapan terimakasih bagi semua pihak yang telah mendoakan Made selama kritis. (Instagram/indramade_)

"Tapi kala itu Made masih bisa bertahan. Barangkali gelora cinta kasih para karib yang menjaganya di rumah sakit itu yang membuatnya kuat. Made kemudian dirujuk ke Sanglah. Dan ia kembali mampu bertahan," lanjut Rudolf Dethu yang juga dikenal sebagai jurnalis musik serta penggiat dan pemerhati musik bawah tanah di Bali.

3 dari 5 halaman

Operasi

Kecelakaan yang dialami Made dan Afi ini terjadi setelah keduanya hendak pulang ke Denpasar setelah menyaksikan pertunjukan musik di Ubud. Kala itu, Afi tak terselamatkan nyawanya sedangkan Made kritis. (Instagram/indramade_)

Pihak keluarga pun sempat merundingkan perihal tindakan operasi yang akan dilakukan terhadap Indra Made. Pihak dokter mengatakan celah Made bisa bertahan hidup tinggal sepuluh persen.

"Siang kemarin, 26 Maret, dua dokter spesialis mengajak kami berunding. Ringkasnya: kalau tidak dioperasi risikonya Made bakal meninggal; jika dioperasi, sama, risikonya pun meninggal. Ya sudah. Dioperasi saja. Semoga ada celah selamat. Setipis apa pun itu," tulis Rudolf Dethu lagi.

 

4 dari 5 halaman

Tak Selamat

Kabar duka datang dari industri musik tanah air. Made Indra, bassist grup band Navicula telah meninggal dunia pada Senin (26/3/2018) pukul 18.25 WITA. Kepergian Made tentu menjadi luka yang mendalam bagi orang terdekatnya. (Instagram/indramade_)

Sayangnya jelang waktu operasi, kondisi Indra Made kian memburuk. Pemain bas Navicula itu mangkat sebelum operasi dilakukan.

"Operasi tak pernah terlaksana. Made paripurna. Mungkin itu lebih baik daripada sedemikian rupa menderita. Toh akhirnya ia bisa berkumpul dengan pacarnya lalu menikahinya, sesuai rencana sebelumnya," tulis Rudolf Dethu.

 

5 dari 5 halaman

Belum Ditentukan

Pemain bas Navicula, Made Indra. (Instagram - @naviculamusic)

Sampai Selasa pagi, jenazah Indra Made masih berada di kamar jenazah rumah sakit Sanglah.

"Hingga pagi ini Made masih ditempatkan di kamar jenazah di Sanglah. Rumah duka belum ditentukan. Saya akan terus mutakhirkan berita ke teman-teman semua," tulis Rudolf Dethu lagi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya