Kunci Sukses Marquez Start Terdepan di MotoGP Jerman

Marquez berpeluang besar menorehkan kemenangan kelimanya secara beruntun di MotoGP Jerman.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 01 Jul 2017, 21:00 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez harus mengatasi lintasan basah pada kualifikasi MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring. (Crash)

Liputan6.com, Hohenstein-Ernstthal - Marc Marquez mendapat modal bagus untuk balapan MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (2/7/2017). Pada sesi kualifikasi, Sabtu (1/7/2017), pembalap Repsol Honda itu sukses mengamankan pole position.

Marquez sendiri memang sudah memiliki kecepatan yang bagus sejak latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Jerman. Meski duduk di urutan keenam, catatan waktunya hanya terpaut 0,299 detik dari Andrea Dovizioso yang menjadi pembalap tercepat.

Pada FP2, catatan waktunya menempati posisi kedua di belakang Hector Barbera, pembalap tim satelit Ducati, Reale Avintia. Selanjutnya, The Baby Alien menjadi yang tercepat pada FP3 dan FP4. Ia mempecundangi Maverick Vinales dan rekan setimnya sendiri, Dani Pedrosa.

Ia pun melanjutkan tren positifnya dengan menjadi yang tercepat di kualifikasi. Sempat kalah cepat dari pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci, Marquez bisa melaju lebih cepat di akhir sesi kualifikasi.

"Sangat sulit untuk memahami kapan harus mendorong. Saya mencoba tenang sejak awal, saya berusaha hati-hati dan memperbaiki waktu selangkah demi selangkah. Lalu pada akhirnya saya benar-benar memacu. Saya senang karena selalu sangat rumit dalam kondisi basah," kata Marquez dikutip Crash.

Awal sesi kualifikasi 2 MotoGP Jerman 2017 memang sempat dihiasi hujan deras. Kondisi itu tak berlangsung lama karena hujan langsung berhenti. Namun para pembalap tetap harus berhati-hati karena lintasan sangat basah.

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Catatan di Sachsenring

Itu sebabnya Marquez tak langsung memacu motornya dengan maksimal sejak awal. Ia menunggu kesempatan hingga akhirnya unggul 0,160 detik atas Petrucci.

Bagi Marquez sendiri, itu adalah pole kedelapan yang diraihnya selama beraksi di Sirkuit Sachsenring. Lintasan yang memiliki aspal baru itu memang sangat bersahabat dengan pembalap berusia 24 tahun itu.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat merebut podium juara MotoGP Jerman 2016. (AFP)


Buktinya, Marquez yang merebut podium juara MotoGP Jerman 2013 hingga 2016. Sebelum naik kelas ke MotoGP, Marquez juga merebut podium juara Moto2 di Sachsenring pada 2011 dan 2012 serta Moto3 pada musim 2010.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya