Waspada, Kenali 7 Tanda Smartphone yang Disadap

Apa yakin kamu aman dari ancaman hacker? Siapa tahu diam-diam smartphone kamu sudah disadap oleh hacker.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 24 Feb 2017, 07:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini banyak kasus kejahatan hacking yang terjadi. Dari mulai kasus hacking oleh Anonymous, hingga akun media sosial Mark Zuckerberg dan selebriti yang di-hack.

Apa yakin kamu aman dari ancaman hacker? Siapa tahu diam-diam smartphone kamu sudah disadap oleh hacker. Atau barangkali saja teman atau pacarmu telah menyadap semua kegiatan yang kamu lakukan di smartphone. 

Berikut ciri-ciri smartphone yang disadap:

Selain digunakan sebagai alat komunikasi, di smartphone kamu juga pasti banyak data pribadi yang disimpan, kan? Kebayang jika semua informasi itu diketahui oleh orang lain. Makanya, yuk kenali tanda-tanda jika smartphone kamu disadap.

1. Ada aplikasi yang tak dikenal

Untuk menyadap smartphone, biasanya hacker atau pihak terkait harus memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Uniknya, hacker ini biasa menyembunyikan aplikasi tersebut.

Untuk mengakalinya, coba cek di menu settings - apps atau application Manager, lalu cek apakah ada aplikasi asing di smartphone kamu. Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu instal sebelumnya, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri datamu.

2. Baterai mudah habis dan panas

Untuk mengirim data-datamu, aplikasi mata-mata yang diinstal oleh hacker harus berjalan terus di background. Dampaknya smartphone kamu pasti jadi gampang panas dan baterainya jadi boros.

Coba cek pemakaian bateraimu. Jika ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi memang smartphone kamu disadap orang.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya