5 Cara Tetap Langsing Saat Makan Banyak Selama Imlek

Anda bisa tetap langsing selama menikmati berbagai makanan pada perayaan Tahun Baru China.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 29 Jan 2017, 08:00 WIB
Bagaimana tubuh tetap langsing selama Tahun Baru China?

Liputan6.com, Jakarta Momen Tahun Baru China atau Imlek bisa dikatakan istimewa. Bagi orang China, kunjungan keluarga dan teman ke rumah menjadi ajang memperkuat hubungan. Sajian makanan pun berlimpah. Anda bisa saja tergoda dengan memakan dalam porsi besar dan tiba-tiba berat bertambah atau makin gemuk.

Namun, Anda tak perlu cemas, berikuti ini tips sehat agar Anda tetap langsing selama menikmati berbagai makanan saat Tahun Baru China.

Kontrol porsi

Sudah menjadi tradisi turun temurun saat imlek di rumah-rumah orang China, banyak bingkisan dan makanan sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran.

Dilansir dari laman, Women's Weekly, Sabtu (28/1/2017), cara terbaik agar lebih sopan menikmati makanan, gunakan mangkuk dan sumpit bukan menggunakan piring dengan garpu dan sendok.

Cara ini akan membantu Anda mengontrol porsi makan juga Anda akan punya lebih banyak waktu untuk makan dan mencerna.

2 dari 3 halaman

Tetap menghitung jumlah makanan

Tetap menghitung jumlah makanan

Bersantap makan secara bersama-sama (communal dining) adalah bagian terbesar dari perayaan Tahun Baru China dan tidak ada seorangpun yang ingin tertinggal makan steamboat dan sajian lezat lainnya bersama teman-teman dan keluarga.

Cobalah makan tanpa berlebihan.

Anda bisa menggunakan mangkuk atau paper box di meja untuk mengumpulkan tulang atau jika ada makanan yang sajiannya ditusuk, hitung jumlah tusukan untuk mengetahui jumlah makanan yang sudah dimakan.

3 dari 3 halaman

Cari teman

Cari teman untuk saling mendukung

Sebenarnya sulit mengonsumsi makanan secara seimbang dan diet selama perayaan Tahun Baru China karena sajian makanan yang berlimpah. Untuk mengatasi ini, temukan teman atau relasi yang juga memahami seberapa besar porsi yang mereka makan.

Anda bisa bersama-sama lebih banyak memotivasi dengan saling mengingatkan batasan jumlah tart yang diambil atau mengingatkan kalau minum air lebih sehat dibanding minuman manis.

Pastikan Anda duduk saling berdekatan sehingga dapat mendukung satu sama lain.

Pilih minuman manis atau makanan penutup

Ketika Anda berkunjung ke rumah orang lain, pastikan memilih antara minuman manis atau makanan penutup untuk dimakan. Hal ini akan membantu Anda mengurangi asupan gula dan jumlah kalori yang Anda konsumsi juga.

Minum banyak air

Sebaiknya, Anda jangan hanya minum satu cangkir air tiap menyantap makanan, tapi minumlah banyak air untuk menjaga perut Anda penuh dan tidak terlalu banyak makan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya