Intip 10 Rumah Sakit Bersalin Termahal Sedunia

Di mana saja rumah sakit bersalin termahal itu?

oleh Fitri Syarifah diperbarui 21 Nov 2016, 19:44 WIB

Liputan6.com, Jakarta Tempat bersalin yang bersih, nyaman ditambah petugas yang ramah biasanya sudah cukup bagi seorang wanita bisa tenang melahirkan. Tapi sederet bangsawan atau bahkan selebriti ternama ternyata pernah menjajal rumah sakit bersalin termahal sedunia.

Sebut saja Jay Z dan Beyonce, saat hendak melahirkan Blue Ivy Carter, keduanya sepakat untuk melahirkannya di tempat yang paling mewah. Bahkan dalam beberapa sumber mengatakan, pasangan ini seperti sedang liburan di kamar dengan fasilitas spa ketika sedang di rumah sakit.

Lupakan juga makanan hambar dan teman sekamar. Sebab di rumah sakit bersalin kelas atas ini, Anda akan disuguhkan dengan makanan favorit serta fasilitas pribadi yang mewah bak kamar hotel bintang lima. Tak hanya itu, sederet dokter terbaik juga disiapkan untuk persalinan mewah ini.

Lantas, di mana saja rumah sakit bersalin termahal itu? berikut ulasannya, seperti dimuat The Richest, Senin (21/11/2016):

1. Prince of Wales Hospital di Sydney Rp13,3 juta semalam

Prince of Wales Hospital di Sydney. Foto: Nabo

Australia dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di Bumi tidak hanya untuk dilahirkan, tetapi juga untuk dibesarkan. The Prince of Wales Hospital di Sydney ini misalnya memiliki unit bersalin mewah di Crowne Plaza Coogee Beach yang berdekatan dengan sebuah hotel bintang lima.

Para dokter terbaik di Sydney di tempat ini menawarkan layanan bersalin premium dengan gaya ekslusif pemandangan laut. Ibu yang hendak melahirkan juga bisa memesan limosin untuk perjalanan dari rumah ke rumah sakit. 

2. Clinique des Grangettes di Switzerland Rp28,6 juta semalam

Clinique des Grangettes di Switzerland.Foto: the Richest

Negara kecil di Eropa ini sering dibanggakan karena udara bersih dan kualitas hidup yang baik. Di negara ini, perawatan medis terkenal sangat rapi. 

Bila Anda sedang berlibur dan ingin melahirkan di negara ini, biaya persalinan berkisar Rp53 juga untuk kelahiran normal tanpa komplikasi medis. Tapi di Jenewa, ada tempat persalinan populer bernama Clinique des Grangettes yang menawarkan taman indah dan menenangkan bila dilihat dari jendela kaca kamar. Di antara pelayanan pasien, mereka memiliki koki bintang lima yang disiapkan khusus selama 24 jam untuk kamar pribadi Anda. 

Lenox Hill

3. Lenox Hill Hospital di Manhattan Rp33,4 juta sehari

Beyonce dan Blue Ivy di Lenox Hill Hospital di Manhattan. Foto: the Richest

Rumah sakit ini sekarang bahkan lebih terkenal setelah kelahiran Blue Ivy, putri dari Beyonce dan Jay Z. Lenox Hill memang tak main-main menawarkan suite mewah dengan dinding kayu mahoni, lantai kayu, dapur sendiri, dan bahkan petugas yang bisa mengatur tatanan rambut pasien. Ada juga layanan manicure, padicure, dan pijat sebelum melahirkan.

Anda ingin mendapatkan momen terbaik saat melahirkan bayi kecil Anda? Di Lenox Hill, pasien bisa menyewa seluruh lantai kamar bersalin dengan seharga Rp17 miliar. Meski begitu, Direktur rumah sakit membantah, kamar eksekutif ini mahal. 

4. Cedars-Sinai Los Angeles Rp53,5 juta sehari

Cedars-Sinai Los Angeles. Foto: the Richest

Satu lagi tempat bersalin paling mewah sejagat raya, Cedard-Sinai di Los Angeles. Rumah sakit ini menawarkan kelas deluxe dan paket Deluxe Maternity untuk membantu ibu melahirkan dengan harga sekitar Rp53,5 juta semalam.

Tapi dengan harga setinggi itu, pasien sudah mendapat kamar suite dengan dua kamar mandi plus makanan yang melimpah. Pokoknya, Anda tak akan kehabisan buah segar, muffin, serta jus dingin.

Calon ibu juga mendapatkan perawatan kecantikan sebelum melahirkan. Tenaga ahli seperti penata rambut, manicure dan padicure juga telah disiapkan. 

Jangan tanya siapa yang sudah pernah mendapatkan perawatan ekslusif ini. Bintang ternama seperti Kourtney Kardashian, Kate Hudson, Victoria Beckham, dan Rachel Zoe melahirkan di kamar ini.

Mount Sinai Hospital di New York

5. Mount Sinai Hospital di New York Rp53,5 juta sehari

Mount Sinai Hospital in New York. Foto: the Richest

Jika Anda ingin melahirkan dengan pemandangan khas Amerika dengan latar belakang Central Park dan Manhattan, Anda bisa menyewa tempat bersalin ini. Tapi ini bukan satu-satunya alasan Gwyneth Paltrow dan P. Diddy memilih Mount Sinai untuk kelahiran anak-anak mereka. Di sini, fasilitasnya lebih membuat nyaman sang ibu.

Selain ada selimut yang khusus terbuat dari katun ekslusif, ada pula pijat terapi untuk memudahkan persalinan hingga kamar mandi spa yang terinspirasi dari hotel mewah untuk memanjakan wanita.

6. Rose Medical Center di Denver, Amerika Rp46,2 juta hanya untuk pemeriksaan fisik

Rose Medical Center di Denver, Amerika. Foto: the Richest

Wanita yang bermimpi bersalin dengan dibantu peralatan medis berteknologi canggih, tak perlu bingung lagi. Dokter di Rose Medical Center di Denver ini akan memantau pasien melalui ponsel canggih selama 24 jam. 

Setiap kamar bersalin dilengkapi dengan kamar mandi pribadi, jacuzzi, kursi goyang, bar kecil. Plus, bila ibu melahirkan, dia bisa memilih koki pribadi. Praktik medis bergaya butik ini dibanderol dengan biaya $ 3.450 atau sekitar Rp46,2juta hanya untuk pemeriksaan fisik, belum termasuk harga per kamar dan pelayanannya.

Chelsea & Westminster Hospital

7. Chelsea & Westminster Hospital di London Rp140 juta per kelahiran

Chelsea & Westminster Hospital di London. Foto: Pinterest

Rumah sakit Chelsea & Westminster di London ini dirancang khusus untuk wanita yang ingin melahirkan secara intim dan ekslusif. Bila ibu melahirkan normal, biaya rata-rata bersalin sekitar Rp134 juta. Bila Caesar, tentu harganya lebih tinggi atau sekitar Rp178 juta, termasuk biaya konsultasi, operasi dan biaya lain. Yang menarik, di rumah sakit ini, sang ibu bisa memilih warna tirai sesuai nuansa hati.

8. St. Mary’s Hospital di London Rp200,9 juta per kamar (private suite)

St. Mary’s Hospital di London. Foto: the Richest

Rumah Sakit St. Mary di London ini langganan bangsawan Inggris. The Duchess of Cambridge Kate Middleton melahirkan di rumah sakit ini. Dia menghabiskan $15.000 atau sekitar Rp 201 juta per malam untuk putra sulungnya, pangeran George.

Rumah sakit ini juga memiliki kamar bersalin mewah yang pernah membantu Putri Diana melahirkan Pangeran William. Tapi perlu Anda tahu, harga tersebut belum termasuk konsultasi dengan dokter, makanan dan fasilitas lainnya. Sebab rumah sakit ini memiliki dokter dan koki khusus untuk menangani ibu yang akan melahirkan. 

New Jersey Hospitals

9. New Jersey Hospitals antara Rp241 juta-Rp361,6 juta

New Jersey Hospitals. Foto: the Richest

Rumah sakit bersalin di Amerika ini bisa dibilang paling mahal sedunia. Bagaimana tidak, rumah sakit mengenakan biaya flat (rata) untuk setiap layanan, terlepas dari kondisi medis ibu dan setiap tes sebelumnya. Mereka ditagih per setiap item, yang berarti bila ada orangtua yang ikut menjaga juga dikenakan biaya per setiap layanan individual.

Tak heran, rata-rata wanita yang melahirkan di sini harus membayar antara Rp241 juta-Rp361,6 juta tergantung pada jenis kelahiran. Ada biaya khusus bagi wanita yang melahirkan normal yakni Rp246 juta. Sedangkan caesar dikenakan biaya sekitar Rp358 juta. Dengan tambahan beberapa masalah medis, maka harganya mungkin dua kali lipat. Harga persalinan juga dapat bervariasi hingga Rp400 juta di antara rumah sakit lain. 

10. Matilda Hospital di Hong Kong Rp267 juta hanya untuk DP satu ruangan

Matilda Hospital di Hong Kong. Foto: the Richest

Rumah sakit swasta di Hong Kong ini sangat mahal. Biayanya sehari mencapai Rp173 juta, hanya untuk ruangannya saja ya, sisanya Anda bisa bayangkan sendiri. Fasilitas kelas satu bak kamar hotel mewah dengan dokter spesialis kandungan siap membantu ibu melahirkan.

Jadi kenapa rumah sakit ini mahal? mereka menawarkan satu kamar dengan balkon yang menghadap Laut Cina Selatan, lemari es penuh dengan jus dan air minum kemasan, TV kabel, dan WiFi. Tapi sangat dianjurkan untuk membuat reservasi sedini mungkin, karena kebanyakan rumah sakit swasta di Hong Kong telah di booking tujuh bulan sebelum kelahiran.

Khusus di Rumah Sakit Matilda di Hong Kong, Anda perlu deposit $ 20.000 (Rp267 juta) untuk (hanya) memesan kamar. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya