Riset: Anak Sulung Bisa Lebih Sukses dalam Pekerjaan

Urutan lahir dalam keluarga ternyata memiliki pengaruh dalam pembentukan sifat seseorang.

oleh Vina A Muliana diperbarui 17 Nov 2016, 19:07 WIB

Liputan6.com, Jakarta Urutan lahir dalam keluarga mungkin tidak akan terlalu menjadi faktor pertimbangan HRD dalam proses perekrutan karyawan. Namun ternyata, hal ini bisa berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang terutama dalam pekerjaan.

Dilansir dari time.com, penulis buku The Sibling Effect Jeffrey Kluger mengatakan, urutan lahir seseorang dalam keluarga ternyata memiliki pengaruh dalam pembentukan sifatnya.

Anak peratama cenderung lebih memiliki daya juang tinggi. Anak bungsu akan memiliki sifat karismatik, sementara mereka yang lahir sebagai anak tengah cenderung misterius.

Dalam pekerjaan, sifat ini dapat berpengaruh dalam berbagai cara. Hasilnya, daya juang tinggi yang dimiliki oleh anak sulung dapat membawa mereka lebih sukses dalam bekerja. Banyak diantara anak sulung yang bisa menggapai puncak pimpinan dan menjadi CEO, senator bahkan astronot.

Namun, bukan berarti bahwa anak tengah dan bungsu tidak bisa melakukan hal yang sama. Jeffry menjelaskan, mereka juga memiliki kesempatan yang sama dengan kakanya. Namun, cara yang mereka tempuh untuk sukses akan berbeda dengan anak sulung.

Riset terhadap beberapa CEO juga mengungkap, anak sulung yang menjadi CEO cenderung menjalankan perusahaan dengan cara konservatif. Sementara itu, anak bungsu cenderung melakukan hal diluar rencana seperti memperkenalkan konsep yang baru.

Bagi mereka yang lahir sebagai anak tengah, banyak psikolog menuturkan bahwa mereka cenderung tumbuh dengan karakteristik yang sukar ditentukan. Mereka bisa mengikuti sifat sang kakak, atau justru berubah menjadi 'bebas' seperti adiknya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya