Tempat Pengelola Limbah di Cipayung Jebol Akibat Longsor

Bila tak segera diperbaiki akan berdampak pada pencemaran aliran Sungai Pesanggarahan.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 28 Sep 2016, 06:43 WIB
Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung roboh

Liputan6.com, Depok - Hujan yang mengguyur Kota Depok, Jawa Barat, dalam seminggu belakang membuat bangunan yang membentengi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung roboh. Akibatnya, IPAL tersebut tak bisa beroperasi. Bila ini terus dibiarkan akan berdampak pada pencemaran aliran Sungai Pesanggarahan.

Kepala UPT TPA Cipayung Depok, Iyay Gumilar, mengatakan sudah hampir seminggu Rumah Blower yang berada di Kolam B tempat penampungan air sampah rusak lantaran diterjang longsor.

"Ini (tanah) bergeser, karena tekanan sampah yang terlalu besar dari atas. Imbasnya tanah jadi menurun, sehingga mengakibatkan rumah pompa kami roboh dan jalan menuju Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) juga retak," kata Iyay Gumilar di TPA Cipayung, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 27 September 2016.

Padahal, kata dia, isi di dalam Rumah Blower ialah mesin-mesin Instalasi Air Limbah (IPAL) yang berfungsi untuk airasi limbah sampah. Jadi, harus segera direhabilitasi.

"Gara-gara rusak enggak berjalan airasi-nya. Ini urgent dan harus segera diperbaiki. Kalau tidak bisa mencemari sungai, dampak lainnya menurunkan permukaan tanah," pungkas Iyay.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya