'Mengupas' Citrus Nan Segar dari Victoria Australia

Sebanyak 54 persen dari ekspor buah di Australia ternyata dilakukan oleh Victoria, negara bagian yang memiliki luas 237.629 km persegi itu.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 20 Sep 2016, 15:15 WIB
Citrus di Southern Cross Farm, Mildura, Austraiia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Liputan6.com, Melbourne - Salah satu buah andalan di negara Bagian Victoria, Australia adalah citrus atau jeruk. Liputan6.com berkesempatan mengunjungi salah satu perkebunannya yakni Southern Cross Farm beberapa waktu lalu.

Perkebunan itu berada di Kota Mildura, Australia. Sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kapal terbang dari Bandara Melbourne.

Manajer operasional Southern Cross Farm, David Lyell mengaku sangat teliti dalam mengawasi pertumbuhan pohon citrus yang ada di perkebunannya. Termasuk tanaman lain yang ada di dalamnya yakni lemon dan anggur.

"Luas perkebunan tanah sebesar 1.600 hektare. Dan 80 hektare di antaranya kami tanami tumbuhan citrus," jelas David.

"Citrus light lime navel ini sangat manis, lezat dan ditanam di area perkebunan yang bersih...," jelas David.

Saat Liputan6.com berkunjung, perkebunan sedang memasuki masa panen. Masa itu terjadi pada Juli hingga September. Sementara waktu bercocok tanam dilakukan dari Januari hingga April.

Sebanyak 54 persen dari ekspor buah di Australia dilakukan oleh Victoria, negara bagian yang memiliki luas 237.629 km persegi itu.

Kunjungan ke perkebunan citrus itu merupakan rangkaian acara pameran Food & Beverage Trade Week 2016 yang digelar pada 14-16 September. Dalam acara tersebut diperkenalkan 122 produk. Mulai dari susu, daging, kacang-kacangan dan lain-lain.

Ada 14 perusahaan dan 24 perwakilan Indonesia menghadiri acara Food and Beverage Victoria 2016.

Seperti apa perkebunan citrus tersebut. Berikut ini cuplikan laporan langsung dari Mildura, Australia:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya