Militer AS Pantau Tiga Mobil Offroad, Ada Apa?

U.S. Special Operations Command (SOCOM) membutuhkan sebanyak 556 unit kendaraan.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 27 Jul 2016, 05:08 WIB
Foto: Leftlanenews

Liputan6.com, Washington DC - Militer Amerika Serikat diwakili U.S. Special Operations Command (SOCOM) saat ini mulai menggarap pengadaan kendaraan tempur. Mereka dibekali uang sebesar US$ 170 juta untuk mendatangkan kendaraan yang performanya tangguh di medan offroad.

Dilansir Leftlanenews, mereka mempertimbangkan tiga model utama yang akan menjadi kendaraan dinasnya yaitu Toyota Land Cruiser, Toyota Hilux, serta Ford Ranger. Mobil tersebut dipilih karena dijual juga di banyak negara sehingga terbukti ketangguhannya.

Total, SOCOM memesan sebanyak 556 kendaraan yang terdiri dari 396 lapis baja dan 160 lainnya mobil biasa. Kendaraan dengan spesifikasi sipil ini mayoritas terdiri dari Toyota Land Cruiser model 76 dan 79, atau generasi terkini varian Seri-70.

Lebih lanjut, kendaraan lapis baja berupa pikap pada awalnya akan didatangkan dalam wujud standar. Namun, bodinya telah dilapisi pelindung anti peluru serta rangkanya telah diperkuat. Pikap ini juga wajib memakai ban tahan tembakan peluru kecil.

Baik Toyota Hilux atau Ford Ranger nantinya bakal dipasangi perlengkapan tempur malam hari antara lain night vision, perlengkapan komunikasi, hingga alat untuk pengintaian. Prototipe kendaraan tempur ini bakal digarap oleh Battelle, kontraktor pertahanan yang bermarkas di Ohio.

Militer AS bukan kali pertama memakai mobil buatan Toyota. Marinir sempat memakai Land Cruiser Seri-70 sejak Perang Teluk pertama. Selain itu, raksasa otomotif asal Jepang ini pernah memproduksi Land Cruiser untuk tentara AS selama Perang Korea.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya