Pemudik Bisa Nikmati 8 Ruas Tol Baru Ini

Dalam rangka mendukung kelancara arus mudik Lebaran tahun ini, sejumlah ruas tol baru di Jawa siap untuk difungsikan.

oleh Septian Deny diperbarui 02 Jul 2016, 16:38 WIB
8 ruas tol baru yang siap digunakan pada mudik Lebaran 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mendukung kelancara arus mudik Lebaran tahun ini, sejumlah ruas tol baru di Jawa siap untuk difungsikan.

Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, saat ini ada 8 ruas tol baru yang siap difungsikan pada mudik Lebaran ini. Namun sebagian besar ruas tol tersebut masih belum bisa berfungsi secara optimal karena memang belum sepenuhnya rampung.

"Ini ada yang masih berjalan (pembangunannya). Karena memang kemarin ada tanah yang tertunda. Pada saat mudik ini difungsikan, tetapi untuk diresmikan masih belum," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (2/7/2016).

Sebagai contoh, ruas tol Bawen-Salahtiga di Jawa Tengah pada mudik ini baru bisa dioperasikan sepanjang 17,57 kilometer (km) dan hanya untuk satu arah saja. ‎Hal ini lantaran pengerjaan ruas tol tersebut masih berlangsung.

"Bawen-Salatiga itu satu arah. Ada jembatan Tuntang yang memang berat pekerjaannya, struktur ini harus keluar dulu baru masuk lagi, nanti pas balik dipakai arah sebaliknya. Karena fokus kita mengejar mudik Lebaran, setelah itu akan segera diselesaikan‎," kata dia.

Meski belum beroperasi sepenuhnya, namun Herry menyatakan pengoperasian sebagian ruas-ruas tol ini diharapkan akan mengurangi tingkat kemacetan pada arus mudik ini.

Selain itu, dia memastikan kelengkapan fasilitas tol seperti lampu penerangan dan petunjuk jalan sudah terpasang. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pemudik.

"Ini cukup membantu untuk mudik. Kalau fasilitas fungsional kita juga memperhatikan keselamatan dan kenyamanan, dipasang lampu. Karena ini kan darurat tapi sudah bisa difungsikan untuk mengurai macet‎," tandas dia

2 dari 2 halaman

Daftar Tol

Berikut ruas tol baru yang siap digunakan pada mudik Lebaran 2016:

1. Pejagan - Pemalang/Tegal Barat (Operasi 26 km) provinsi Jawa Tengah
2. Bawen - Salatiga (Fungsional 17,57 km) provinsi Jawa Tengah
3. Solo - Kertosono (Fungsional 10 km) provinsi Jawa Tengah
4. Surabaya - Mojokerto (Operasi 18 km) provinsi Jawa Timur
5. Kertosono-Mojokerto/Mojokerto Barat-Mojokerto Utara (Operasi 5 km) prov.Jatim
6. Gempol - Pasuruan/Rembang (Fungsional 13 km) provinsi Jawa Timur
7. Tol Cinere – Jagorawi seksi II Raya Bogor – Kukusan (6 Km)
8. Bakauheni – Terbagi Besar paket 2 Lematang – Kotabaru (4 Km) dan paket 3 Branti – Metro (12 Km).

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya