Polisi Pakai Kamera Canggih untuk Semprit Pengemudi yang Main HP

Mengemudikan kendaraan bermotor sudah seharusnya dalam kondisi konsentrasi penuh

oleh Septian Pamungkas diperbarui 27 Mei 2016, 19:21 WIB
Mengemudikan kendaraan bermotor sudah seharusnya dalam kondisi konsentrasi penuh

Liputan6.com, British Columbia - Mengemudikan kendaraan bermotor sudah seharusnya dalam kondisi konsentrasi penuh. Pasalnya, melakukan kesalahan sedikit saja di jalan raya bisa berakibat fatal.

Sayangnya, kesadaran berkendara aman masih kurang. Sering kali dijumpai pengemudi nyetir sambil 'main' hp (handphone) dan ini terjadi hampir di seluruh belahan dunia.

Jika terjadi insiden karena berkendara lalai, tentunya tidak hanya diri sendiri yang dirugikan melainkan pengguna jalan lain ataupun kerabat dekat. Akibatnya semuanya menjadi susah dan banyak keluar biaya.

Guna meminimalisir pengemudi nakal yang main hp saat nyetir, polisi Kanada membuat terobosan baru dengan menyebar pengintai. Beberapa anggota yang 'dipersenjatai' kamera DSLR ditempatkan di beberapa titik. Mereka siap menjepret siapa saja yang nyetir sambil pegang hp.

Dilansir Autoevolution, Kamera DSLR 24,2 megapixel yang digunakan itu dilengkapi lensa 50 mm yang menyerupai belalai. Disebutkan, kamera tersebut terhubung dengan sebuah alat yang memungkinkan petugas mengetahui siapa yang berkendara sambil main hp.

Per 1 Juni nanti, pelanggar yang tertangkap kamera bakal kena hukuman denda sebesar USD 543 atau setara Rp 7,3 juta untuk pelanggaran pertama dan USD 888 (Rp 12 juta) untuk yang kedua.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya