Menteri Anies Tanya Soal UN 2016, Ini Jawaban Pelajar

Anies membuka tanya jawab untuk mendengar langsung keluhan atau pengalaman UN berbasis komputer dari para siswa.

oleh Moch Harun Syah diperbarui 09 Mei 2016, 09:08 WIB
Mendikbud Anies Baswedan (tengah) memberikan keterangan saat mengunjungi kantor Ombudsman RI di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (4/5). Ombudsman pun mengadukan temuan evaluasi UN SMA/SMK 2016 lalu. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mendatangi SMPN 30 di Koja, Jakarta Utara. Mengenakan kemeja putih yang dibalut rompi abu-abu, Anies langsung menuju ruang kelas VII E setiba di sana.

Dia mengecek pelaksanaan Ujian Nasional dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tersebut.

Anies pun menyapa puluhan siswa-siswi yang tengah melakukan persiapan sebelum mengikuti ujian berbasis komputer. Dia membuka tanya jawab untuk mendengar langsung keluhan atau pengalaman UN berbasis komputer dari para siswa.

"Bagaimana adik-adik, ada keluhan atau yang punya pengalaman ujian dengan komputer?" tanya Anies di lokasi, Jakarta Utara, Senin (9/5/2016).

"Kalau ujian komputer enggak capek Pak. Kita gampang Pak jadi kita enggak perlu ngebuletin. Lebih efisien aja Pak," kata siswa Rajib.

"Alhamdulillah. Oke, lanjutkan," jawab Anies.

Sebelum keluar, Anies pun membagi cara jitu untuk bisa menjawab soal saat ujian. Dia mengungkapkan, kebanyakan siswa-siswi sudah mengenal beragam soal-soal ujian. Namun, mayoritas pelajar tidak percaya diri.

"Jadi begini kalau mau ujian. Pertama itu tenangkan diri lalu berdoa. Ujian itu bisa jadi masalah karena kita itu tidak tenang. Dan soal apapun bisa kita kerjakan kalau kita tenang. Kalau ada apapun kontak ke pengawas. Satu lagi kuncinya itu percaya diri. Selamat ujian," tutur Anies.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya