Jangan Mudah Stres Jika Terlalu Sering Dipeluk

Bila Anda pikir anjing peliharaan kesayangan akan semakin mencintai pemilik karena sering memeluknya, penelitian justru menemukan sebaliknya

oleh Fitri Syarifah diperbarui 30 Apr 2016, 19:30 WIB
Bila Anda pikir anjing peliharaan kesayangan akan semakin mencintai pemilik karena sering memeluknya, penelitian justru menemukan sebaliknya

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda pikir anjing peliharaan kesayangan akan semakin mencintai pemilik karena sering memeluknya, penelitian justru menemukan sebaliknya. Anjing yang suka dipeluk menunjukkan tanda stres dan kecemasan.

Seperti disampaikan Profesor Psikologi yang mengkhususkan diri dalam perilaku anjing Dr. Stanley Coren, anjing yang merasa stres atau tidak nyaman saat bersama pemiliknya cenderung menghindari kontak mata, menunjukkan bagian putih matanya, menurunkan telinga, menguap, menjilat dan meregangkan satu kaki.

Dalam penelitian ini, Coren mempelajari 250 foto orang-orang memeluk anjing. "Hasilnya secara ringkas cukup menarik," tulis Coren dalam Psychology Today, seperti dikutip Foxnews, Sabtu (29/4/2016).

"Di internet kita bisa lihat, ada banyak foto orang bahagia memeluk anjingnya. Tapi yang saya temukan, 81,6 persen foto menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan anjing. Dan hanya 7,6 persen anjing yang nyaman dipeluk," ujarnya.

Menurut Coren, lebih dari empat atau lima anjing memiliki ekspresi yang lucu. Dan itulah kuncinya, anjing bukan manusia. Kehangatan yang kita berikan belum tentu dia sukai.

"Dengan memeluk anjing, Anda hanya akan membuatnya stres. Alih-alih pelukan, saya merekomendasikan menunjukkan kasih sayang dengan mengajaknya bermain," katanya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya