VIDEO: Duka Paskah, Uskup Agung Ambon Meninggal Dunia

Mgr Andreas yang lahir di Belanda meninggal pada usia 100 tahun lebih.

oleh Liputan6 diperbarui 27 Mar 2016, 19:35 WIB
Mgr Andreas yang lahir di Belanda meninggal pada usia 100 tahun lebih.

Liputan6.com, Jakarta - Gereja Katedral di kawasan Gambir, Jakarta, hari ini menggelar 5 kali Misa Paskah. Pada Misa ke-3 jam 09.00 WIB, Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo, mengajak umat Nasrani ikut mengamalkan Pancasila.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (27/3/2016), ia juga mengajak umat untuk bersyukur atas belas kasih Tuhan yang tanpa batas mengasihi sesama, solidaritas dan berbela rasa dalam kehidupan. 

Setelah memimpin misa, Uskup Agung Mgr Ignatius Suharyo menemui umat untuk memberikan ucapan selamat Paskah.

Sementara itu perayaan Paskah di Ambon, Maluku tahun ini diwarnai duka. Hal itu menyusul wafatnya Uskup Ambon, Mgr Andreas Sol, Sabtu, 26 Maret 2016 kemarin.

Mgr Andreas yang lahir di Amsterdam, Sloten, Belanda meninggal pada usia 100 tahun lebih. Jenazahnya saat ini disemayamkan di Gereja Katedral Ambon dan rencananya akan dimakamkan Kamis pekan depan.

Di Nusa Tenggara Timur, misa perayaan Minggu Paskah di Gereja Katedral Ruteng, Manggarai, dipimpin Uskup Ruteng, Mgr Hubertus Leteng. Ribuan jemaat mengikuti misa dengan khidmat.

Melengkapi kemeriahan Paskah, di depan Gereja, beberapa orang ibu menabuhkan alat musik tradisional seperti gendang dan gong. Hal itu sebagai ungkapan selamat datang bagi jemaat.

Uniknya, sejumlah remaja masjid ikut membantu umat Nasrani merayakan Paskah dengan mengatur parkir kendaraan di sekitar Gereja Katedral. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya