Menlu RI dan Afghanistan Bertemu Bahas Islamic Center di Kabul

Pertemuan Retno dan Rabanni di sela-sela KTT OKI membahas sejumlah isu penting.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 06 Mar 2016, 12:22 WIB
Menteri Luar Negri Retno L.P Marsudi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dengan sejumlah Menlu di sela-sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam atau KTT OKI terus berlanjut. Usai menemui Menlu Gambia, disambung dengan Menlu Afghanistan, Salahuddin Rabanni.

Pertemuan Menlu Retno dan Rabanni membahas sejumlah isu penting. Selain itu, kedua Menlu juga menandatangani sebuah nota kesepahaman.

"Kami senang karena kami bisa menandatangani MoU soal pelatihan diplomatik," ucap Retno di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (6/3/2016).

Retno menambahkan, pelatihan bagi aparat pemerintah Afghanistan yang dilakukan Indonesia bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya, RI telah melatih diplomat dan polisi dan pejabat dari negara tersebut.

"Total ada 44 program pelatihan yang dilakukan Indonesia dan diikuti 353 orang Afghanistan," jelas Retno.

Di samping itu, Menlu Retno juga berbincang terkait Islamic Center Indonesia yang dibangun di Ibu Kota Afghanistan, Kabul.

"Islamic Center Indonesia di Afghanistan adalah simbol persahabatan dan juga pesan untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan Lil Alamin," ucap Retno.

Senada dengan Retno, Menlu Afghanistan, menyambut baik terselenggaranya KTT OKI di Jakarta. Bukan hanya karena acara ini menunjukkan dukungan nyata dunia Islam pada Palestina, tetapi juga mendekatkan hubungan antara RI dan Afghanistan.

"Sejak 2001 RI sudah mendukung kami dalam berbagai area. Pertemuan ini menunjukkan persatuan umat Islam dalam memberi dukungan dan membantu saudara kita di Palestina," pungkas Salahuddin.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya