Pemenang Oscar Ini Nasibnya Mirip Leonardo DiCaprio

Ennio Morricone, komposer musik untuk film yang menang Piala Oscar 2016, ternyata bernasib sama seperti Leonardo DiCaprio.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 01 Mar 2016, 22:40 WIB
Ennio Morricone, komposer musik untuk film yang menang Piala Oscar 2016, ternyata bernasib sama seperti Leonardo DiCaprio.

Liputan6.com, Los Angeles - Jatuhnya Piala Oscar 2016 untuk kategori Aktor Terbaik ke tangan Leonardo DiCaprio, sukses menghebohkan publik dan para pecinta film. Namun, ada juga satu sosok yang ternyata telah lama berdedikasi di dunia film dan baru mendapatkan Piala Oscar di Academy Awards ke-88 kemarin.

Sosok tersebut adalah Ennio Morricone, komposer musik berusia 87 tahun asal Italia ini, mengawali kariernya sejak tahun 1950-an. Morricone didapuk sebagai pemenang Piala Oscar 2016 untuk kategori Best Original Score. Penghargaan tersebut pun baru ia terima untuk pertama kali. Padahal, ia sudah sangat lama mendedikasikan dirinya sebagai komposer musik score untuk banyak film.

 

Sebelum menciptakan musik untuk film The Hateful Eight yang membuatnya meraih Piala Oscar, Morricone tercatat sudah menggarap lebih dari 500 score musik yang ia buat untuk sinema dan televisi. Bahkan, beberapa dari musiknya pernah menjadikannya nomine maupun pemenang di banyak penghargaan bergengsi lainnya.

Film-film laris seperti For a Few Dollars More (1965), The Good, the Bad and the Ugly (1966), Hamlet (1990), Mission to Mars (2000), dan masih banyak lagi, pernah mendapatkan iringan musik ciptaan Morricone. Berbagai penghargaan bergengsi mulai dari AFI, Golden Globes, Italian Golden Globes, Grammy Awards, European Film Awards, hingga BAFTA Awards telah ia kantongi.

Komposer musik untuk film, Ennio Morricone. (rbmaradio.com)

Ennio Morricone sebenarnya beberapa kali masuk nominasi Piala Oscar berkat film Days of Heaven (1979), The Mission (1986), The Untouchables (1987), Bugsy (1991), dan Malena (2000). Ia juga diberi Piala Oscar melalui penghormatan bertema Honorary Academy Award pada 2007. Kemenangan pertamanya di Oscar ini, tentu menimbulkan kesan yang sama seperti aktor Leonardo DiCaprio.

Kemenangan Ennio Morricone di Piala Oscar 2016 kategori Best Original Score, sukses menaklukkan Thomas Newman (Bridge of Spies), Carter Burwell (Carol), Johann Johannsson (Sicario), dan John Williams (Star Wars: The Force Awakens). Hal tersebut membuktikan betapa para panitia sangat menghormati kerja kerasnya sebagai komposer selama hampir 60 tahun.

Komposer musik untuk film, Ennio Morricone. (goldenicons.com)

"Setelah karier panjangnya yang hampir 60 tahun, dan lima nominasi yang membuatnya pulang dengan tangan kosong, Ennio Morricone akhirnya membawa satu Oscar untuk score terbaik ke rumah," kutip situs harian La Republica yang bangga dengan peraihan Morricone.

Hingga 2013, Ennio Morricone telah menjual lebih dari 70 juta rekaman di seluruh dunia. Di tahun 1971, ia juga menerima penghormatan 'Targa d'Oro' untuk penjualan seluruh dunia yang telah mencapai 22 juta. Penghormatan di Piala Oscar yang ia terima dari Academy Honorary Award pada 2007, didapatnya berkat yang kontribusi luar biasa dan beraneka ragam di bidang seni musik untuk film. Perjuangannya ini, boleh dibilang lebih panjang ketimbang Leonardo DiCaprio.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya