Lakukan Ini Agar Tak Berdarah Saat Gosok Gigi

Menjaga kebersihan gigi dan rutin memeriksakan ke dokter gigi ampuh cara ampuh untuk menghindari gusi berdarah.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 18 Feb 2016, 06:30 WIB
Rutin gosok gigi bisa cegah pikun (Foto: teethwhiteningpenreviews.com)

Liputan6.com, New York- Bila gigi berdarah saat Anda menggosok gigi bisa jadi ada masalah pada gusi. Bisa jadi penyebabnya adalah gingivitis yang merupakan awal dari kemunculan plak kronis akibat adanya bakteri dan karang pada gigi.

Cara untuk menghindari gingivitis adalah dengan menjaga kebersihan gigi. Cukup dengan rutin menggosok gigi dua kali sehari dan tak lupa membersihkan gigi menggunakan benang gigi (dental floss) setiap malam.

Selain itu, orang yang memiliki gusi bermasalah--ditandai dengan nyeri ketika makan/minum yang panas atau dingin, bisa juga ngilu ketika menggigit sesuatu-- sebaiknya mengunjungi dokter gigi tiga bulan sekali seperti disarankan dokter gigi, Mark S. Wolff.

Lalu, jika pernah mengalami masalah gusi sebelumnya, Wolff menyarankan agar memeriksakan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali seperti dikutip laman Men's Health, Kamis (18/2/2016).

Jangan salah, penyakit gusi pun tak hanya timbulkan masalah pada mulut tapi juga bagian lainnya. Diantaranya, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke, menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya