Ini Negara Tersehat di Dunia

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Bank Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia menobatkan Singapura menjadi negara tersehat di dunia.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 09 Nov 2015, 20:30 WIB
Kabarnya, dua patung berkepala singa yang dikenal dengan sebutan Merlion akan 'dimandikan' oleh pihak berwenang.

Liputan6.com, Jakarta Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Bank Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia menobatkan Singapura menjadi negara tersehat di dunia. 

Menurut laman Independent, Senin (9/11/2015), penilaian diberikan berdasarkan pada nilai risiko penyakit, bagaimana menjaga kesehatan, dan faktor-faktor lain seperti usia harapan hidup sejak lahir, penyebab kematian serta faktor-faktor yang dapat menghambat kesehatan seperti orang muda yang merokok, penduduk yang mengalami kolesterol dan kesadaran vaksin atau imunisasi.

Atas dasar itu, Singapura memiliki skor keseluruhan 89,45 persen, jauh di atas Italia dengan 89,07 persen, dan Australia dengan 88,33 persen.

Di sisi lain, PBB mencatat sejumlah negara yang tingkat kesadaran kesehatan masih kurang seperti Kamerun, Uganda dan negara Afrika lain yang mendominasi.

"Data ini merupakan panduan yang berguna bagi para pembuat kebijakan," tulis World Economic Forum.

Kata sehat, identik dengan kualitas hidup, bukan hanya harapan hidup. Jadi sebenarnya, hal ini dapat dicapai bahkan di negara-negara berpendapatan rendah yang melaporkan tingkat yang lebih tinggi dari kepuasan hidup.

Yang menarik, penelitian ini mengungkap adanya tren kenaikan konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran. Namun sayangnya, hal ini disusul oleh kenaikan konsumsi junk food. 

 

2 dari 2 halaman

Negara Tersehat dan Tak Sehat di Dunia

Berikut daftar negara tersehat dan tidak di dunia.

Negara-negara tersehat di dunia:

1. Singapura
2. Italia
3. Australia
4. Swiss
5. Jepang
6. Israel
7. Spanyol
8. Belanda
9. Swedia
10. Jerman

Negara tidak sehat di dunia:

1. Swaziland
2. Lesotho
3. Republik Demokratik Kongo
4. Chad
5. Mozambik
6. Burundi
7. Malawi
8. Angola
9. Uganda
10. Kamerun

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya