Petani Ini Menemukan Fosil Lengkap Gajah Raksasa

Gajah mungkin menjadi hewan mamalia terbesar yang ada di darat.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Okt 2015, 09:09 WIB
Gajah mungkin menjadi hewan mamalia terbesar yang ada di darat.

Citizen6, Amerika Gajah mungkin menjadi hewan mamalia terbesar yang ada di darat. Namun siapa sangka kalau sekitar 10 ribu sampai 15 ribu tahun yang lalu, ukuran gajah jauh lebih besar dari saat ini. Pada zaman itu spesies tersebut dikenal dengan nama gajah mamut. Seekor gajah raksasa dengan bulu coklat tebal yang digunakan untuk menghangatkan tubuhnya di zaman es.

Seorang petani bernama James Bristle dan tetangganya menemukan fosil gajah mamut raksasa di kawasan Michigan, Amerika Serikat. Kedua orang itu awalnya mengira bahwa benda yang mereka temukan adalah sebongkah kayu. Pasalnya saat ditemukan fosil hewan raksasa itu tertutup lumpur.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata benda yang awalnya dianggap kayu itu adalah sebuah tulang. Ahli paleontologi pun sudah mengonfirmasi bahwa benda yang ditemukan oleh petani dan tetangganya itu ternyata adalah kerangka gajah mamut.

Profesor Dan Fisher dari University of Michigan pun memimpin sebuah tim untuk meneruskan penggalian. Ia mengatakan bahwa kemungkinan gajah mamut itu meninggal saat menginjak usia 40 tahun. Mamut tersebut diperkirakan mati karena diburu oleh manusia, lalu dibantai dan disimpan di dalam sebuah ruangan seperti kolam.

Fisher mengemukakan pendapat bahwa penemuan ini cukup menggembirakan. Pasalnya kerangka yang ditemukan ternyata lebih lengkap ketimbang kerangka gajah mamut yang pernah ditemukan di beberapa negara bagian lain. Sejauh ini tim yang dipimpin Fisher sudah menemukan tulang panggul, tengkorak, dan dua taring berukuran besar. Mereka juga sudah menemukan tulang bahu dan beberapa tulang rusuk.

Petani yang pertama kali menemukan fosil gajah mamut itu pun cukup terkejut. Pasalnya selama 45 tahun bekerja menggali tanah, baru kali ini ia menemukan benda aneh seperti itu. Saat ini penemuan fosil gajah mamut tersebut sedang diteliti lebih oleh para ilmuwan. (war)

Pengirim: M. Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya