5 Alasan Anda Harus Konsumsi Telur Hari Ini

Ada lima alasan Anda harus mengonsumsi telur mulai sekarang

oleh Fitri Syarifah diperbarui 09 Okt 2015, 17:30 WIB
Ilustrasi Telur (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Memeringati Hari Telur Dunia, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk semakin mempopulerkan telur sebagai protein berkualitas tinggi.

Ahli diet, Susie Burrell mengatakan, salah satu makanan yang direkomendasikan untuk sarapan adalah telur rebus. Selain tinggi protein, telur juga mengandung berbagai vitamin dan asam amino yang baik untuk otak.

Tak hanya itu, masih ada lima alasan agar Anda mengonsumsi telur mulai sekarang, seperti dikutip News, Jumat (9/10/2015):

1. Sarapan berprotein tinggi

Bahkan, dua butir telur yang disajikan dengan dua iris roti panggang gandum mengandung setidaknya 20g protein. Ini berarti, konsumsi telur di pagi hari setidaknya dapat memenuhi 25% kebutuhan protein Anda.

2. Menurunkan risiko diabetes

Secara khusus, asam amino leusin yang ditemukan pada telur dapat membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang mengatur metabolisme lemak dalam tubuh dan tingkat insulin yang terkontrol dengan baik dapat membantu pengendalian berat badan dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

3. Kenyang lebih lama

Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui kalau protein membantu untuk menjaga kita kenyang lebih lama. Fakta ini ternyata pernah dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition yang menemukan bahwa individu yang mengonsumsi telur sebagai menu sarapannya, makan jauh lebih sedikit sepanjang hari.

4. Membantu menurunkan berat badan

Dalam penelitian yang diterbitkan International Journal of Obesity, disebutkan, pelaku diet yang menikmati telur melaporkan hasil penurunan berat badan yang lebih baik selama 8 minggu sebagai bagian dari diet kalori terkontrol.

5. Telur kaya nutrisi

Lupakan sereal olahan, minuman sarapan dan yoghurt manis, karena nutrisi tinggi yang dibutuhkan pada saat sarapan ada pada telur. Selain mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral termasuk lemak esensial dan antioksidan, telur juga praktiks dikonsumsi hanya dalam beberapa menit dengan sayuran segar.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya