Ini Trik Promosi ala Miley Cyrus

Saat melakukan promosi sebagian besar perusahaan tidak terlalu taktis dalam isi materi maupun moment yang tepat.

oleh Ifsan Lukmannul Hakim diperbarui 05 Sep 2015, 07:01 WIB
www.dailymotion.com

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang terbesit dalam benak Anda ketika mendengar, atau melihat penampilan penyanyi Asal Amerika Serikat Miley Cyrus? Gila, atau mungkin lucu, atau bahkan jijik. Apa pun yang terbesit dari benak Anda, setidaknya dia telah merebut perhatian Anda dan banyak orang dunia.

Berikut ini adalah beberapa strategi promosi yang Miley terapkan untuk mendompleng karir keartisannya dikutip dari huffingtonpost, Sabtu (5/9/2015) :

1. Lebih taktis

Aksi Miley Cyrus di videoklip Wrecking Ball yang sempat menghebohkan publik. (foto: youtube)

Saat melakukan promosi sebagian besar perusahaan tidak terlalu taktis dalam isi materi maupun moment yang tepat. Tapi, Miley mengajarkan kita bahwa konten dan moment adalah segalanya! saat merlis lagu "wrecking Ball," pada hari yang sama ia tampil membawakan lagu tersebut di MTV Video Music Awards (VMA). Apakah itu suatu kebetulan? Tentu saja tidak.

2. Unik

Dalam setiap penampilannya Miley selalu mengusung konsep seksi dan sensual, bahkan untuk kostumnya yang berbentuk uang ini. (Bintang/EPA)

Kebanyakan penampilan artis di VMA biasa-biasa saja. Melihat hal itu, Cyrus tahu ia harus melakukan sesuatu yang berbeda dan provokatif sehingga penampilannya benar-benar menimbulkan euforia. Pelajari apa yang pesaing Anda lakukan, dan buatlah yang berbeda. 

3. Target pasar jelas

Dailymail

Sebagian besar para pembenci Cyrus adalah orang di atas usia 40. Apakah Anda pikir Miley Cyrus berencana menjual albumnya untuk orang di atas usia 40? Tidak mungkin. Cyrus tahu persis siapa audiensnya. Penampilanya di VMA adalah untuk para fansnya. Sebagian besar strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan selalu ingin menyenangkan semua orang. Pastikan pemasaran Anda tertarget menarik pelanggan yang ideal bagi produk Anda.

4.  Tidak serius

Miley Cyrus berpose di belakang panggung usai menjadi host di ajang bergengsi MTV VMA 2015 yang digelar di Microsoft Theatre, Los Angeles, California, AS (30/8/2015). (REUTERS/Danny Moloshok)

Penampilan dan Kelakuan Miley Cyrus cukup aneh kadang keterlaluan, konyol dan lucu. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa tidak nyaman menontonnya. Tapi dia tidak peduli. Tujuannya adalah menjalin kimia dengan target pasarnya. Dalam pemasaran Anda harus melakukan hal yang sama. jangan terlalu kaku, buatlah materi promosi yang dapat membuat target market kita senang. Pesan yang menyenangkan lebih mudah di terima audiens, daripada pesan yang kaku dan serius.

5. Membuat penggemar dengan cara memicu pembenci

Miley Cyrus (Instagram)

Ada yang mengecam ada juga yang mendukung dia. Mika Brzezinski dari MSNBC Morning Joe menyebut Cyrus "jelas sakit," sementara blogosphere mencap Cyrus sebagai "Jelmaan setan." di sisi lain fansnya juga bannyak. Pada akhirnya penjualan album Miley Cyrus tetap moncer. (Ilh/Gdn)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya