Cuaca Gelap, Pencarian Pesawat Trigana Air di Papua Ditunda

Pesawat Trigana Air diduga hilang kontak saat berada di wilayah Ambisibil, Papua. Upaya pencarian pun akan dilakukan esok pagi.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 16 Agu 2015, 19:57 WIB
Ilustrasi Pesawat Trigana Air

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan pencarian pesawat Trigana Air Service jenis ATR 42 PK YRN yang hilang kontak dalam penerbangan rute Sentani-Oksibil, Papua, ditunda untuk sementara waktu. Hal ini lantaran faktor cuaca yang semakin gelap.

"‎Pukul 15.30 WIT pesawat ATR PK YRR captain pilot Ahus terbang menuju lokasi sekitar hilangnya kontak pesawat (Trigana Air). Pukul 17.25 WIT, pesawat PK YRR landing di Bandara Sentani dengan hasil nihil dikarenakan cuaca di daerah Ambisibil sudah gelap," kata Barata, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (16/8/2015).

Pesawat tersebut diduga hilang kontak saat berada di wilayah Ambisibil. Usaha pencarian pun akan dilakukan esok pagi. Pihak berwajib saat ini sedang melakukan koordinasi.

"Saat ini sedang dilaksanakan koordinasi dan persiapan oleh personel Basarnas Kabupaten Jayapura untuk proses evakuasi pada esok hari," tutur dia.

Barata juga menyampaikan di Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, juga tidak memiliki stasiun meteorologi. "‎Sehingga weather hanya disampaikan visual lewat orang Tower Bandara Oksibil," beber Barata.

Diduga Jatuh Sekitar Bape

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata menambahkan, pihaknya mendapat laporan ada pesawat diduga Trigana Air yang hilang kontak, berada di sekitar Bape, Distrik Okbape, Papua.

"‎Pukul 17.30 WIT diperoleh info dari Kapolres Pegunungan Bintang bahwa ada masyarakat yang menginfokan melihat pesawat terbang rendah di daerah Bape," kata Barata.

Menurut Barata, aparat pun langsung melakukan pengecekan terhadap informasi tersebut. Barata juga menjelaskan insiden hilang kontak terjadi sekitar pukul 15.00 WIT untuk pesawat Trigana Air jenis ATR 42 No Register PK-YRN dengan nomor penerbangan IL-257, rute Jayapura-Oksibil.

Informasi Warga

Sebelumnya, pesawat Trigana Air tersebut dikabarkan berhasil ditemukan di Distrik Okbape, sekitar 15 mil dari Bandara Oksibil di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Pesawat dengan nomor penerbangan IL 267 yang diterbangkan Kapten Penerbang Hasanuddin‎, sebelumnya dilaporkan hilang kontak pada pukul 05.55 UTC/14.55 LT (local time/waktu setempat).

Warga Oksibil, Josep Uropmabin, mengatakan jarak lokasi jatuhnya pesawat dari Kota Oksibil sekitar 1,5 jam jika ditempuh dengan kendaraan roda dua dan 2-2,5 jam dengan kendaraan roda empat.

"Masyarakat sempat melihat pesawat (Trigana Air) terbang rendah dan bunyi dentuman hebat di lokasi tersebut. Saat ini masyarakat juga ikut membantu ke lokasi jatuhnya pesawat," ujar Josep di Oksibil, Minggu 16 Agustus 2015. (Ans/Ado)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya