Selamat Ulang Tahun Ke-111, Panda Jia-Jia!

Jia-Jia merayakan hari jadinya yang ke-37 tahun atau setara dengan 111 tahun usia manusia.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 30 Jul 2015, 09:00 WIB
Jika biasanya panda hanya berumur 18-20 tahun, panda bernama Jia-jia bisa berumur 37 tahun. Ini setara usia manusa berumur 111 tahun. (Foto: metro.co.uk)

Liputan6.com, Hong Kong Tepat pada tanggal 28 Juli 2015, panda yang tinggal di Ocean Park, Hongkong bernama Jia-Jia merayakan hari jadinya yang ke-37 tahun atau setara dengan 111 tahun usia manusia. Pencapaian membuat Jia-Jia menjadi panda yang memiliki usia hidup tertua sepanjang sejarah.

Pada umumnya, panda hanya hidup sampai 18-20 tahun, oleh karena itu Guiness World of Records mencatatnya sebagai panda tertua di dunia. Untuk merayakan hari spesialnya, Jia-Jia pun mendapat sebuah kue dengan angka 37 dengan tulisan "Guiness World of Records". Kue itu terbuat dari es, jus buah, dan bambu.

 

Jia-jia sedang menikmati kue ulang tahunnya ke-37 tahun. (Foto: AP/Kin Cheung)

 

"Mencapai usia 37 tahun adalah capaian yang sangat luar biasa bagi panda," terang direktur layanan taman ini, Paolo Martelli.
Jia-Jia lahir di tahun 1978, lalu pindah ke taman ini sejak Maret 1990. Dan tampaknya ia sangat bahagia di taman tersebut.

Layaknya seseorang yang sudah tua, Jia-Jia pun kini sedang mendapatkan pengobatan. Ia rutin mengonsumsi obat untuk mengatasi nyeri rematik dan tekanan darah tingginya, dilansir dari laman Metro, Kamis (30/7/2015).

Panda seperti Jia-Jia ini habitatnya berasal di Cina Selatan dan Timur, namun sekarang dianggap sebagai salah satu hewan yang terancam punah di dunia. Oleh karena itu, penangkaran dianggap penting untuk kelangsungan hidupnya.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya