Peringati May Day, 5 Ribu Buruh Tangerang Serbu Jakarta

Mereka bergerak untuk bergabung dengan rekan lainnya.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 01 Mei 2015, 14:26 WIB
Ilustrasi Tuntutuan Hari Buruh Internasional (May Day)

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, sekitar 5.000 buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang, menyerbu Jakarta. Mereka bergerak untuk bergabung dengan rekan lainnya.

"Untuk hari ini kita turun ke jalan sekedar untuk long march dari HI ke Istana Negara," ungkap Ketua DPC KSPSI Kabupaten Tangerang Ahmad Supriadi di Tangerang, Jumat (1/5/2015).

Supriadi menambahkan, serikatnya akan menurunkan 5.000 anggota untuk memeriahkan May day di Jakarta. Hal ini sesuai perintah Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea beberapa waktu lalu.

"Kita targetkan dari Tangerang ada sekitar 5.000 massa yang akan menuju HI dan Istana Negara," ujar Supriadi.

Para buruh dari Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan sebelumnya bertemu di titik kumpul di Pintu Tol Bitung Kabupaten Tangerang. Mereka selanjutnya menuju HI dengan menggunakan motor, bis, dan mobil bak terbuka yang digunakan sebagai mobil komando.

Berbagai tuntutan disuarakan buruh dalam aksi May Day ini. Di antaranya adalah pembatalan kenaikan upah tiap lima tahun sekali, revisi Permen 19 Tahun 2013 tentang tenaga alih daya atau outsourcing.

Selain itu, buruh juga menuntut revisi total tentang UU No 2 2004 tentang PPHI, dan meminta perlindungan negara terhadap buruh korban PHK massal. (Ali)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya