TOP 6 Lagu Jepang Pilihan Pekan Ini (29 Maret-4 April 2015)

Siapa saja band papan atas Jepang yang telah membuat karya baru paling menarik untuk didengar pada akhir Maret 2015?

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 30 Mar 2015, 23:30 WIB
Asian Kung-Fu Generation, band rock asal Jepang.

Liputan6.com, Tokyo Setelah menikmati akhir pekan sambil menyambut datangnya bulan April 2015, beragam kegiatan tentunya telah menghampiri. Bagi para penggemar musik Jepang, tentu menjadi suatu pelepas kepenatan tersendiri saat kita mendengarkan tembang-tembang karya musisi Negeri Sakura.

Pekan lalu kita disuguhi oleh berbagai macam musisi beraliran pop dan balada yang didominasi oleh boyband maupun idol group. Kali ini kita akan mendengarkan lagu-lagu yang didendangkan oleh grup musik papan atas Jepang.

Sebagian besar band yang ada dalam daftar kali ini sudah cukup senior dan beberapa kali mereka mampu membius para pendengar saat mengarungi kancah permusikan Negeri Sakura. Ada yang mencuat sejak akhir 1970-an, akhir 1980-an, hingga awal 2000-an.

Siapa-siapa saja grup band senior Jepang yang telah membuat karya baru paling menarik untuk didengar di akhir Maret 2015 ini? Simak deretannya di halaman berikut yang diambil dari tangga lagu Billboard maupun Oricon.

2 dari 7 halaman

Dragon Night

Sekai no Owari, band asal Jepang.

Sekai no Owari - Dragon Night

Band asal Tokyo yang dibentuk sejak 2007 ini, memiliki personel Fukase (vokal, gitar), Nakajin (pimpinan, produser, gitar), Saori (piano, produksi panggung), dan DJ Love (DJ, Sound Selection) dengan gaya panggung yang berbeda-beda.

Pada 14 Januari 2015, Sekai no Owari merilis album baru bertajuk Tree. Di situ kita bisa mendengar beberapa tembang hits seperti RPG, Snow Magic Fantasy, dan Honoo to Mori no Carnival.

Selain ketiga lagu tersebut, mereka memiliki nomor andalan bertajuk Dragon Night yang kental akan nuansa house music. Uniknya, di sini Fukase menggunakan sebuah pemancar agar suaranya terdengar tidak lazim.



3 dari 7 halaman

Wataridori

Alexandros, band asal Jepang.

Alexandros - Wataridori

Diisi oleh Youhei Kawakami (vokal, gitar), Hiroyuki Isobe (bas, chorus), Masaki Shirai (gitar), Satoyasu Shomura (drum), [Alexandros] tercatat sebagai band pembuka band papan atas dunia seperti Muse, Primal Scream, dan Kasabian.

Siap untuk manggung di Indonesia pada 4 April 2015, mereka telah memiliki empat buah album, yaitu Where's My Potato? (2010), I Wanna Go To Hawaii (2011), Schwarzenegger (2012), dan Me No Do Karate (2013).

Belakangan, [Alexandros] merilis single bertajuk Wataridori/Dracula La pada 18 Maret 2015 lalu. Tembang Wataridori yang menjadi jagoannya, memiliki komposisi rock keren yang layak untuk didengar oleh para pecinta musik Jepang di Tanah Air.



4 dari 7 halaman

Iyanakoto Darake No Yononaka De

Southern All Stars, band Jepang.

Southern All Stars - Iyanakoto Darake No Yononaka De

Band besutan Keisuke Kuwata (vokal, gitar), Kazuyuki Sekiguchi (bass), Yuko Hara (vokal, keyboard), Hiroshi Matsuda (drum), dan Hideyuki "Kegani" Nozawa (perkusi) ini, adalah grup beraliran pop rock yang sudah terbentuk sejak 1978 silam.

Iyanakoto Darake No Yononaka De yang menjadi salah satu karya teranyarnya di album baru berjudul Budo, sangat layak didengar oleh para pecinta musik Jepang. Selain melodinya yang menenangkan hati, karakter suara Keisuke Kuwata pun semakin matang dari tahun ke tahun meski usianya bertambah tua.

Selain berada di dalam album yang siap rilis pada 31 Maret 2015 itu, lagu yang jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris berarti 'In a World Full of Nasty Things' ini, juga dijadikan sebagai soundtrack dorama Ryusei Wagon garapan TBS.



5 dari 7 halaman

Easter / Fukatsusai

Asian Kung-Fu Generation, band rock asal Jepang.

Asian Kung-Fu Generation - Easter / Fukatsusai

Didirikan pada 1996, Asian Kung-Fu Generation terdiri dari kuartet Masafumi Gotou (vokal, gitar), Kensuke Kita (gitar), Takahiro Yamada (bass) dan Kiyoshi Ijichi (drum). Sejauh ini, grup asal Yokohama ini telah merilis tujuh buah album.

Lama tak menciptakan karya, akhirnya band yang akrab disapa Ajikan ini merilis single bertajuk Easter / Fukatsusai sejak 18 Maret 2015. Lagu ini nantinya bakal masuk ke dalam album terbaru mereka yang akan rilis 27 Mei 2015 mendatang, Wonder Future.

Nuansa rock unik ala Ajikan sangat kental di dalam lagu ini. Perpaduan gitar yang nyaring, bertabrakan dengan vokal Gotou yang terdengar malas-malasan, tapi masih enak didengar. Notasi lagunya yang datar tapi tidak membosankan, malah membuat kita ingin berdendang.



6 dari 7 halaman

Kiseki

Kobukuro, duo musisi asal Jepang.

Kobukuro - Kiseki

Kobukuro merupakan duo yang didirikan oleh Kentarou Kobuchi (gitar, vokal, instrumen lain) dan Shunsuke Kuroda (vokal utama). Grup mereka berasal dari gabungan nama keluarga masing-masing, yaitu Kobuchi dan Kuroda.

Lalu, bagaimana lagu Kiseki yang baru rilis 4 Maret 2015 silam ini? Boleh dibilang tembang satu ini sangat ramai namun tidak terdengar berisik. Tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh komposisi musik yang memang berakar dari genre balada dan country.

Secara tampilan, Kobukuro memang tergolong unik. Bukan karena dandanan maupun gaya mereka, namun tinggi Kuroda yang mencapai 193 cm sangat kontras dengan tinggi badan Kobuchi yang hanya mencapai 168 cm.



7 dari 7 halaman

Uchoten

B'z, band asal Jepang.

B'z - Uchoten

Duo rocker yang terdiri dari Koushi Inaba (vokal, lirik) dan Takahiro 'Tak' Matsumoto (gitar, komposer, produser) ini, berdiri pada tahun 1988. Di awal karier, mereka mengusung aliran eksperimen dance, blues, dan akhirnya konsisten dengan warna hard rock.

Uchoten bertindak sebagai single terbaru B'z yang mengawali tahun ini dengan sangat bertenaga semenjak perilisannya pada 14 Januari 2015 lalu. Lagu ini juga dijadikan sebagai tembang andalan di album barunya, Epic Day yang rilis 4 Maret 2015.

Seperti biasa, karakter vokal Inaba sangat enerjik dan komposisi Matsumoto tetap enak didengar. Ciri khas B'z sangat kental di awal lagu, yaitu alunan vokal hanya dengan iringan gitar tapi sudah membuat kita bersemangat. Aransemen pun semakin ramai dan seru di bagian selanjutnya hingga akhir. (Rul/Feb)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya