Bukan Tak Mungkin Nissan X-Trail Diesel Hadir Indonesia

Jika peluang pasar memungkinkan, Nissan X-Trail versi diesel pun akan dibawa ke Indonesia.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 15 Sep 2014, 08:09 WIB
Sepanjang tahun lalu, mobil itu berhasil membukukan penjualan sebesar 38 ribu unit.

Liputan6.com, Jakarta Minggu lalu, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi memperkenalkan All-New Nissan X-Trail di Indonesia. SUV yang pertama kali diluncurkan secara global pada tahun 2013 lalu ini membawa perubahan menyeluruh yang dikatakan menyesuaikan pasar Indonesia.

"Peluncuran All New Nissan X-Trail merupakan salah satu wujud PT NMI untuk menghadirkan kendaraan sesuai dengan tema kami yaitu Innovation that Excites bagi para konsumen di Indonesia," ujar Steve Ardianto, Presiden Direktur PT NMI.

Steve memastikan jika All New Nissan X-Trail diciptakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia, salah satu contohnya yaitu menghadirkan 3 baris pada kursi bagi yang gemar bepergian beramai-ramai.

Selain itu, konsumsi bahan bakar yang dahulu lekat dengan kata boros pun kini dikatakan Nissan telah berubah total menjadi lebih efisien. Tak menutup kemungkinan, PT NMI pun akan memboyong varian diesel X-trail ke Tanah Air.

Dikatakan Nissan X-Trail bertenaga diesel ini ternyata telah hadir lebih dahulu di beberapa negara.

"Kami sedang mempelajari peluang untuk varian diesel. Jika permintaan dari konsumen cukup banyak, kami akan memboyong varian tersebut ke Indonesia," ujar Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing, Communication & Product Planning NMI.

Persiapan untuk memboyong sebuah model baru ke Indonesia ini sendiri diakui oleh Steve membutuhkan proses yang cukup panjang. Meskipun memiliki spesifikasi serupa dengan negara lain, sebuah model kendaraan harus melalui proses homologasi serta persiapan manufacturing agar model tersebut dapat diproduksi secara lokal di Indonesia.

"All New X-Trail ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 lalu dan baru diboyong ke Indonesia setahun kemudian untuk mempersiapkan fasilitas produksi dan komponen yang lokal yang akan digunakan. SUV ini merupakan hasil assembling di pabrik NMI di Cikampek dengan komponen lokal mencapai 30 persen," tutup Budi. (Ysp/Des)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya