Sukses

Jenis Benda di Rumah yang Bisa Jadi Penyebab Kanker (1)

Mungkin Anda tidak menyangka kanker bisa dipicu oleh benda-benda yang ada di rumah. Berikut adalah benda-benda di sekitar Anda yang dapat memicu kanker.

Liputan6.com, Jakarta Kanker merupakan penyakit mengerikan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Rupanya, benda di sekitar rumah Anda pun dapat menjadi penyebab penyakit tidak menular tersebut.

Dilansir dari Reader Digest, Selasa (27/3/2018), menurut pakar toksikologi, ada beberapa benda di sekitar rumah yang sebaiknya Anda waspadai. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Sofa

Mungkin Anda tidak pernah menyangka sofa besar dan nyaman yang ada di rumah adalah salah satu benda penyebab kanker. Hal ini karena sofa dirawat dengan menggunakan bahan kimia anti api, yaitu TDCIPP.

Menurut studi dari Duke University, TDCIPP ditemukan pada darah orang yang mereka uji. Hal ini karena bahan kimia tersebut banyak digunakan pada furnitur yang dibuat sebelum tahun 2013.

Tak hanya itu, studi ini juga menemukan TDCIPP banyak ditemukan dalam debu rumah tangga. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai berpikir untuk mengganti sofa yang Anda beli sebelum tahun 2013, menurut Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam Amerika Serikat.

2. Tirai dan karpet

Tirai dan karpet di rumah Anda bisa menjadi penyebab kanker jika terkena zat kimia dari asap rokok, kadmium. Zat tersebut bersifat karsinogenik, yang dapat menempel pada tirai dan karpet. Sayangnya, kadmium sangat kuat menempel meski Anda berusaha untuk membersihkannya sekalipun.

Oleh sebab itu, guna mengatasi hal tersebut, sebaiknya hindari merokok di dalam rumah. Jika Anda para perokok, sebaiknya cobalah untuk berhenti merokok agar terbebas dari kanker.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kursi kulit dapat menjadi pemicu kanker

3. Kursi kulit

Bahan yang terbuat dari kulit umumnya mengandung Kromium (VI). Elemen tersebut bersifat karsinogen, yang berpotensi menjadi penyebab kanker. Sebuah studi dari Denmark menemukan hampir setengah dari sepatu dan sandal kulit impor mengandung beberapa tingkat karsinogen.

Selain pada bahan kulit, Anda dapat menemukan elemen penyebab kanker ini dari perabotan kayu dan zat warna pada tekstil. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan label pada barang tersebut sebelum membelinya.

4. Taman

Taman mungkin menjadi tempat yang berpotensi besar menjadi penyebab kanker. Hal ini karena terdapat senyawa kimia, yakni dioksin, yang dapat Anda temui di seluruh area taman. Dioksin mengandung karsinogen, yang dapat membuat Anda terkena kanker.

Pakar Kesehatan, Sophia Ryann Gushee mengungkapkan paparan dioksin dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker. Oleh sebab itu, guna menghindarinya, Anda disarankan untuk mengenakan sarung tangan saat bekerja di taman. Selain itu, biasakan diri untuk mencuci bersih anggota tubuh Anda sebelum masuk ke dalam rumah.

Bersambung..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.