Liputan6.com, Jakarta - Leony Vitria mengungkap alasan di balik keputusannya meninggalkan dunia tarik suara dan beralih total ke dunia akting. Titik baliknya terjadi sejak grup vokal cilik Trio Kwek Kwek bubar pada 2001.
"Sebenarnya sejak Trio Kwek Kwek bubar tahun 2001. Waktu itu gue kelas 1 SMP. Gue langsung dapat tawaran FTV judulnya 'Jangan Panggil Aku Cina'," ujar Leony saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (30/8/2026).
Advertisement
Dari tawaran FTV tersebut, kariernya di dunia akting terus berlanjut ke sejumlah sinetron dan proyek lainnya. Di masa remaja, ia sempat membandingkan dunia nyanyi dan akting sebelum akhirnya memilih fokus ke satu jalur.
"Dari situ lanjut ke sinetron dan proyek lain. Di masa remaja itu gue sempat punya perbandingan antara nyanyi (sempat buat album solo sekali) dan akting. Ternyata gue jauh lebih suka akting. Gue merasa lebih bisa eksplor diri di depan kamera sebagai aktor," katanya.
Tidak Percaya Diri
Selain karena minat, Leony juga mengaku sempat tidak percaya diri dengan kemampuan vokalnya begitu memasuki usia remaja. Padahal, ia merupakan mantan penyanyi cilik yang sangat tersohor.
"Pas masuk SMA, gue mulai merasa nggak nyaman di panggung nyanyi. Gue merasa suara gue biasa-biasa aja. Menurut gue, kalau mau jadi penyanyi dewasa yang profesional, modal suaranya harus bagus banget," ujarnya.
Putuskan Pindah Total ke Dunia Akting
Ia bahkan mengaku kerap mengkritik kemampuan vokalnya sendiri hingga akhirnya memutuskan untuk sepenuhnya banting setir ke dunia akting.
"Gue sering mengkritisi diri sendiri, 'Suara lu jelek, nggak usah jadi penyanyi deh.' Karena gue orangnya jujur sama diri sendiri, ya sudah gue pilih dunia yang gue lebih nyaman, yaitu akting," pungkasnya.