Rayakan HUT RI, Logo Google `Disulap` Jadi Merah Putih

Tulisan Google diubah jadi nuansa merah putih yang menunjukkan warna bendera Indonesia, lengkap dengan ilustrasi lambang burung Garuda.

oleh Dewi Widya Ningrum diperbarui 17 Agu 2013, 09:10 WIB
Tepat pada hari ini, Sabtu, 17 Agustus 2013, secara de jure Indonesia genap merdeka selama 68 tahun. Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ini pun ikut dirayakan oleh raksasa mesin pencari internet Google.

Homepage Google.com dan juga Google.co.id hari ini tampil berbeda dari biasanya. Tidak ada logo Google perpaduan warna biru, merah, kuning dan hijau. Hari ini Google ikut merayakan HUT RI untuk memberi penghormatan kepada Indonesia dengan cara memasang doodle khusus.

Doodle yang kali ini dipasang memang terlihat lebih simpel. Tulisan Google dirombak menjadi bernuansa merah putih yang menunjukkan warna bendera Indonesia. Huruf 'o' kedua pada kata Google diganti dengan ilustrasi lambang burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan (dari sudut pandang Garuda).

Pada saat cursor diarahkan ke logo doodle merah putih tersebut, akan muncul tulisan "Hari Kemerdekaan Indonesia 2013" untuk menunjukkan kepada pengguna Google bahwa hari ini adalah hari kemerdekaan Indonesia.

Memang tidak ada pengumuman resmi dari Google tentang dipasangnya doodle ala merah putih itu. Setidaknya dengan tampilkan Google Doodle ini, Indonesia sudah sepatutnya bangga karena akan lebih dikenal dunia.

Ini bukan pertama kalinya Google ikut merayakan HUT RI dengan doodle khusus yang dipersembahkan untuk Indonesia. Di tahun-tahun sebelumnya Google juga sudah ikut merayakan, tentunya dengan doodle yang berbeda namun dengan nuansa Indonesia.

Apa itu doodle?

Doodle adalah perubahan spontan yang dibuat pada logo Google untuk merayakan peringatan tertentu termasuk perayaan kelahiran seniman atau ilmuwan terkenal.

Konsep doodle lahir ketika pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, mengutak-atik logo perusahaan untuk menunjukkan kehadiran mereka di festival Burning Man di gurun Nevada. Mereka menempatkan gambar tongkat di belakang huruf 'o' dalam kata Google. Logo Google direvisi untuk memberikan pesan lucu kepada pengguna Google bahwa pendiri Google saat itu sedang keluar kantor.

Hingga saat ini, tim Google telah menciptakan lebih dari 1000 doodle pada homepage Google di seluruh dunia. Ada tim ilustrator khusus dan engineer yang merancang setiap doodle yang Anda lihat, yang disebut dengan doodler.

Dirgahayu Indonesia!

(dew)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya