[VIDEO] Sejumlah Pelabuhan Mulai Dipadati Pemudik

Di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah, misalnya, ribuan orang terlihat sudah berjubel di terminal penumpang.

oleh Eko Huda Setyawan diperbarui 31 Jul 2013, 13:47 WIB
Arus mudik Lebaran sudah mulai terlihat sejumlah pelabuhan di Tanah Air. Di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah, misalnya, ribuan orang terlihat sudah berjubel di terminal penumpang.

Liputan 6 SCTV, Rabu (31/7/2013) memberitakan, ribuan penumpang Kapal Egon tiba di Pelabuhan Tanjung Mas dari Banjarmasin. Para penumpang ini memilih mudik lebih awal ke kampung halaman untuk menghindari kepadatan bila berangkat mendekati Lebaran.

Selain itu, dengan mudik lebih awal, mereka masih bisa membeli tiket dengan harga normal. Sebab, bila berangkat setelah H-7 lebaran, harga tiket bisa dua kali lipat dari hari biasanya.

Sementara di Pelabuhan Padang Bai, Karang Asem, Bali, sudah lima hari terakhir ini antrean panjang truk  memadati areal pelabuhan. Antrean yang mencapai lebih dari 1 kilometer ini terjadi karena menjelang mudik lebaran pengelola pelabuhan Padang Bai mendahulukan penyeberangan kendaraan umum seperti bis dan mobil pribadi.

Diperkirakan puncak kepadatan kendaraan di Pelabuhan Padang Bai akan terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran mendatang. Pengelola pelabuhan akan menambah jumlah perjalanan kapal Fery dari 22 menjadi 28 trip per hari. (Eks/Yus)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya