Edukasi Mata Uang untuk Pelajar di Festival Rupiah Berdaulat Indonesia

Acara yang digelar oleh Bank Indonesia hingga 20 Agustus 2023 tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran pentingnya Rupiah dalam sejarah bangsa sekaligus menumbuhkan optimisme, semangat kebangsaan, dan memperkuat kedaulatan negara melalui Rupiah.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 19 Agu 2023, 14:00 WIB
Festival rupiah berdaulat Indonesia ajang edukasi mata uang RI
Acara yang digelar oleh Bank Indonesia hingga 20 Agustus 2023 tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran pentingnya Rupiah dalam sejarah bangsa sekaligus menumbuhkan optimisme, semangat kebangsaan, dan memperkuat kedaulatan negara melalui Rupiah.
Seorang anak terlihat mengunjungi Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (Ferbi) di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Bank Indonesia menghadirkan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023, sebagai persembahan HUT ke-78 RI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
FERBI merupakan ajang edukasi uang Rupiah, sebagai perhelatan yang dipersembahkan bagi seluruh khalayak untuk mencintai, bangga, dan memahami NKRI melalui apresiasi terhadap uang Rupiah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
FERBI kali kedua ini mengangkat tema “Persatuan dalam Keberagaman”; #CintaRupiahCintaNKRI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sebagaimana BI dengan lembaga lain dalam pengedaran uang Rupiah, FERBI berkolaborasi dengan lembaga lain. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Hadir untuk memberikan edukasi dalam FERBI antara lain Perum PERURI, TNI Angkatan Laut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengolahan Uang Tunai Indonesia (APJATIN) yang seluruhnya berperan penting bagi ketersediaan Rupiah berkualitas di masyarakat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pada FERBI 2023, masyarakat dapat mengenal alat pembayaran secara retrospektif melalui lebih dari 100 koleksi uang kuno yang dihadirkan Museum BI (MuBI). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Masyarakat juga dapat memaknai uang Rupiah melalui dialog kebangsaan oleh keluarga pahlawan dan tokoh inspiratif, serta bincang milenial oleh seniman dan budayawan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sepanjang FERBI terdapat ragam pameran di antaranya Rupiah Jendela Indonesia (segala sesuatu tentang Rupiah), Augmented Reality Rupiah (teknologi edukasi secara virtual) dan Hall of Fame Rupiah yang menceritakan perjalanan Rupiah secara sentimental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ada belasan booth pameran yang disediakan di Istora Senayan untuk memeriahkan acara ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Salah satu booth misalnya memamerkan replika emas devisa, lalu ada pula booth pameran yang didirikan Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Dalam acara ini juga dilakukan penjualan uang kuno. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya