Demo Buruh 10 Agustus, Massa Bawa Patung Tikus Raksasa

Massa buruh dan aliansi masyarakat menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung ILO, Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

oleh Arny Christika Putri diperbarui 10 Agu 2023, 16:05 WIB
Demo Buruh
Massa buruh dan aliansi masyarakat menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung ILO, Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (10/8/2023).
Massa buruh menggelar demonstrasi dan berkumpul di depan Gedung ILO, Kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (10/8/2023). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Mereka berasal dari gabungan beberapa aliansi buruh se-Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Dalam aksinya mereka menuntut Pembatalan dan Pencabutan Omnibus Law Undang-undang Nomor 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja, karena telah terbukti berdampak buruk bagi rakyat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Selain menuntut pencabutan UU Omnibus Law Cipta Kerja, buruh juga menuntut kenaikan upah dan pencabutan UU Kesehatan yang telah disahkan baru-baru ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Dua lajur jalan digunakan massa aksi, hingga lalu lintas di lokasi terjadi kemacetan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Polisi mengerahkan 6.612 personel gabungan untuk mengawal jalannya aksi unjuk rasa yang digelar oleh sejumlah elemen buruh dan aliansi masyarakat hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Dengan berbekal bendera, spanduk, dan poster berisi protes para peserta aksi memadati sebagian jalur jalan tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Tak hanya itu, peserta aksi juga membawa patung tikus besar untuk menggambarkan rezim yang hanya memikirkan keuntungan segelintir pihak tanpa memperhatikan rakyat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Rencananya, aksi ini akan dimulai dengan titik kumpul di gedung International Labour Organization (ILO) di Jalan MH Thamrin. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Kemudian bergerak menuju Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jalan Merdeka Barat dan puncak aksi akan berlangsung di Istana Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya