Topan Doksuri Menerjang Filipina Utara

Topan super melanda Filipina utara, kata badan cuaca negara itu, memicu perintah evakuasi bagi masyarakat pesisir yang diperkirakan akan menanggung beban badai yang kuat.

oleh Arny Christika PutriFadjriah Nurdiarsih diperbarui 26 Jul 2023, 09:35 WIB
Topan Doksuri Menerjang Filipina utara
Topan super melanda Filipina utara, kata badan cuaca negara itu, memicu perintah evakuasi bagi masyarakat pesisir yang diperkirakan akan menanggung beban badai yang kuat.
Foto selebaran yang diambil pada 26 Juli 2023 dan diterima melalui halaman Facebook kantor informasi provinsi Cagayan ini menunjukkan jembatan yang terendam banjir di kota Tuao, provinsi Cagayan, Filipina setelah sebuah sungai meluap akibat hujan lebat yang disebabkan oleh Topan Super Doksuri. (STRINGER/Cagayan provincial information office/AFP)
Badai kuat menghantam Filipina utara pada hari Rabu, menumbangkan pepohonan, memadamkan listrik dan menurunkan hujan lebat sehingga ribuan orang berlindung di rumah tetangga atau di pusat-pusat evakuasi darurat. (STRINGER/Cagayan provincial information office/AFP)
Topan Doksuri membawa kecepatan angin maksimum 175 kilometer (109 mil) per jam saat melayang di atas perairan di sekitar Pulau Fuga, di lepas pantai utara pulau utama Luzon, demikian ungkap badan cuaca pemerintah dalam pembaruan terbarunya pada pukul 00.00 GMT. (STR / AFP)
Badan tersebut memperingatkan akan "kondisi yang mengancam jiwa" saat angin kencang dan hujan lebat menghantam wilayah yang berpenduduk sedikit itu. (STR / AFP)
Doksuri merupakan topan super yang melanda Samudera Pasifik pada hari Selasa, namun melemah saat mendekati Filipina. (Philippine Coast Guard via AP)
Sekitar 12.000 orang dievakuasi dari rumah-rumah mereka di provinsi Cagayan, termasuk 431 orang di kepulauan Babuyan, setelah adanya peringatan akan adanya badai setinggi tiga meter, kata pejabat bencana provinsi Ruelie Rapsing kepada AFP. (Philippine Coast Guard via AP)
Banjir juga dilaporkan terjadi di kota-kota pesisir Lallo, Pamplona dan Claveria. Belum ada laporan mengenai korban jiwa. (Philippine Coast Guard via AP)
Dikategorikan sebagai topan super pada hari Selasa, Doksuri sedikit melemah pada hari Rabu. Badai ini diperkirakan akan melewati Taiwan dan mendarat di provinsi Fujian, China pada hari Jumat, menurut biro cuaca Filipina. (Courtesy of National Institute of Information and Communications Technology (NICT) via AP)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya