Pengalaman-Pengalaman Horor Para Penjaga Rumah Angker di Solo

Rumah angker di Solo ini sudah tidak lagi ditempati sejak era 70-an.

oleh Tifani diperbarui 26 Mei 2023, 01:30 WIB
Ilustrasi rumah angker (Liputan6.com / Edhie Prayitno Ige)

Liputan6.com, Solo - Rumah tua dan bersejarah di kawasan Solo, Jawa Tengah disebut cukup banyak menyimpan cerita mistis. Bangunan berusia 103 tahun ini tampak masih terawat hingga saat ini.

Rumah angker Solo ini masih kerap dibersihkan oleh beberapa petugas. terlebih rumah ini termasuk salah satu bangunan bersejarah.

Rumah kuno ini berbentuk joglo seperti rumah tradisional di kawasan Solo pada umumnya. Rumah ini juga memiliki halaman yang luas, menandakan pemiliknya bukanlah orang sembarangan.

Meski masih tampak terawat, rumah yang dibangun pada 1918 ini tidak lepas dari cerita-cerita seram yang menghantui. Cerita seram mengenai rumah tua ini dibagikan oleh para penjaga rumah ini.

Dikutip dari berbagai sumber, rumah angker di Solo ini sudah tidak lagi ditempati sejak era 70-an. Sejak tidak pernah ditinggali, kejadian-kejadian angker dan menyeramkan kerap menimpa para penjaga rumah ini.

Cerita mistis pertama datang dari seorang penjaga rumah ini. Malam itu, penjaga malang tersebut tidak mendapatkan tugas berjaga.

Ia lantas memutuskan untuk tidur di sebuah tempat di rumah angker tersebut. Namun, saat dirinya terbangun ia justru berada di lokasi lain.

 

2 dari 2 halaman

Bunyi Gamelan

Cerita seram lain yang dialami para penjaga rumah ini yakni saat seperangkat gamelan yang ada di ruangan depan berbunyi dengan sendirinya. Padahal, gamelan tersebut hanya dibunyikan saat sedang ada acara-acara khusus saja.

Gamelan yang berbunyi sendiri rupanya cukup sering terjadi. Gamelan ini sering berbunyi sendiri, terutama sekitar jam 02:00 dini hari.

Meski, gamelan yang berbunyi pun memiliki irama atau nada-nada yang cukup bagus. Hal ini cukup membuat suasana rumah tersebut seram dan mencekam.

Kejadian mistis ketiga terjadi kala ada seorang penjaga tengah memperbaiki senapan di lingkungan rumah tua ini. Saat sudah selesai, penjaga tersebut mencoba senapan dengan menembak burung gereja yang tengah melintas hingga mati.

Sesaat setelah kejadian tersebut, rumah tua angker di Solo ini mati listrik. Para penjaga rumah ini pun sampai menghubungi petugas PLN.

Namun setelah di cek ke sana ke mari, petugas PLN tidak menemukan masalah penyebab rumah angker ini gelap gulita. Besoknya, para penjaga rumah berkumpul untuk melakukan ruwatan di rumah tersebut dengan memotong ayam cemani.

Anehnya setelah acara ruwatan selesai, listrik di rumah tua tersebut langsung menyala.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya