Warga Seoul Dikepung Serangga Lalat Capung, Reporter Berita Ini Ikut 'Diserang'

Warga Seoul, Korea Selatan sedang diserang serangga jenis lalat capung, akibat hawa pada sarang menjelang musim panas.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 23 Mei 2023, 19:30 WIB
Warga Seoul dikepung serangga lalat capung, reporter berita pun tak luput dari serbuan. (Sumber: allkpop / YouTube/JTBC News)

Liputan6.com, Jakarta Serangan serangga kini melanda Seoul, Korea Selatan, sejalan dengan musim panas yang semakin dekat. Warga di Seoul pun menghadapi 'serangan' serangga berjenis lalat capung yang tiada henti-hentinya, khususnya pada malam hari.

Dilansir Liputan6.com dari Allkpop, Selasa (23/5/2023), penduduk di wilayah metropolitan Seoul tertekan oleh kawanan lalat capung baru-baru ini yang muncul setiap malam. Lalat capung besar ini, dikenal sebagai lalat capung Oriental, muncul dalam jumlah yang signifikan di dekat Sungai Han selama bulan Mei.

Mereka biasanya ditemukan di daerah dengan air bersih, seperti Sungai Han yang berbatasan dengan Gangdong-gu, Gwangjin-gu, Songpa-gu, dan Seongdong-gu di Seoul, serta Yangpyeong, Namyangju, dan Hanam di Gyeonggi-do.

Lalat capung oriental, berukuran panjang tubuh 2 hingga 3 cm dan sayap melebar hingga 4 hingga 5 cm. Serangga itu tidak berbahaya bagi hewan atau tumbuhan karena tidak menularkan penyakit seperti lalat atau nyamuk.

Namun, banyaknya serangga ini yang menyebabkan banyak masalah. Mereka tertarik pada cahaya terang, sering berkerumun di sekitar lampu jalan dan penerangan pusat perbelanjaan. Karena itu, banyak penduduk yang kesal dengan kawanan serangga yang sangat besar.

2 dari 3 halaman

Serangan serangga di Seoul

Warga Seoul dikepung serangga lalat capung, reporter berita pun tak luput dari serbuan. (Sumber: allkpop / YouTube/JTBC News)

Serangga lalat capung itu mati secara alami dalam waktu 4 hingga 5 hari. Penumpukan tubuh mereka di tanah juga menjadi masalah karena perilaku kolektif mereka. Netizen yang melihat foto dan video menyatakan rasa jijik mereka, menyatakan bahwa serangga itu berumur pendek namun muncul dalam jumlah besar setiap tahun.

Selain serangga lalat capung, muncul pula rayap kayu kering, hama yang biasa ditemukan di daerah tropis. Melansir The Korea Herald, rayap ini dianggap hama karena memakan kayu, di Gangnam-gu Seoul, dan Asan, Provinsi Chungcheong Selatan, baru-baru ini dibuat di komunitas online dengan foto.

Setelah pemeriksaan di tempat minggu lalu, Kementerian Lingkungan Hidup memastikan bahwa serangga yang ditemukan di sebuah rumah di Nonhyeon-dong, Gangnam-gu adalah rayap, menandai kejadian pertama yang terdokumentasi dari keberadaan mereka di Korea Selatan.

Rayap kayu kering diketahui hidup di daerah tropis atau subtropis dan sangat merusak, karena mereka menggali terowongan di dalam struktur kayu. Jenis rayap serupa yang memakan kayu basah diketahui hidup di Korea, tetapi jenis baru, yang dikenal sebagai Kalotermitidae Cryptotermes, juga memakan kayu kering.

3 dari 3 halaman

Dampak meningkatnya suhu kota

Warga Seoul dikepung serangga lalat capung, reporter berita pun tak luput dari serbuan. (Sumber: allkpop / YouTube/JTBC News)

Rayap kayu kering memakan selulosa, senyawa organik umum yang ditemukan pada bahan tanaman seperti kapas, kertas, dan kayu. Di bagian selatan AS dan Australia, rayap kayu kering diketahui mampu menghancurkan bangunan kayu seukuran sekolah dalam dua hingga tiga bulan.

Sejauh ini tidak ada laporan tambahan tentang rayap di rumah atau fasilitas lain, tetapi hama dapat menyebar dengan cepat karena memiliki sayap, dan sangat sulit untuk disingkirkan. Munculnya rayap kayu kering di Seoul tampaknya terkait dengan meningkatnya suhu kota akibat perubahan iklim.

Rayap tidak pergi dengan suhu di bawah nol karena selama musim dingin, mereka bersembunyi di bawah akar pohon atau 10 hingga 50 meter di bawah tanah, dan muncul kembali saat cuaca semakin hangat, menurut Park.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya