Badai di Thailand Picu Atap Bangunan Sekolah Runtuh Tewaskan 7 Orang, Banyak Rumah Warga Rusak

Badai dan angin kencang meruntuhkan bangunan sekolah dasar di Thailand pada Senin, 22 Mei 2023. Sayangnya, tujuh orang termasuk empat siswa tewas dalam peristiwa itu.

oleh Alycia Catelyn diperbarui 23 Mei 2023, 17:10 WIB
Petugas penyelamat Thailand di lokasi atap logam yang runtuh pada struktur di sekolah dasar Wat Nern Por di provinsi Phichit di Thailand utara pada Senin, 22 Mei 2023, Enam orang, termasuk empat anak, tewas setelah angin badai runtuh atap, dan 18 orang dirawat di rumah sakit setelah kecelakaan itu. (Phichit Province's Public Relations Department via AP)

Liputan6.com, Bangkok - Badai menghantam Thailand pada Senin 22 Mei 2023 waktu setempat, mengakibatkan sejumlah orang meninggal dunia.

"Tujuh orang, termasuk empat anak, tewas ketika atap di atas lapangan olahraga sekolah runtuh akibat badai di Thailand," kata para pejabat pada Selasa, 23 Mei 2023.

Anak-anak yang berusia antara enam dan 13 tahun sedang bermain di gedung terbuka di sebuah sekolah di Provinsi Phichit pada Senin, 22 Mei, disaksikan oleh sejumlah penonton. Sekitar pukul 18.30 waktu setempat, badai melanda, menurut media setempat.

Kemudian, hujan lebat dan angin kencang menyebabkan atap bangunan runtuh secara tiba-tiba.

"Orang dewasa yang terluka parah adalah dua orang tua dan seorang petugas kebersihan," kata kantor humas provinsi kepada AFP, sementara 18 orang lainnya terluka.

Sebuah video yang dibagikan di halaman Facebook kantor hubungan masyarakat setempat menunjukkan logam yang bengkok, dengan tiang dan besi bergelombang tergeletak di tanah.

Badai juga merusak sejumlah rumah di Distrik Sam Ngam, kata polisi.

"Semua rumah rusak akibat badai tapi arena ini benar-benar runtuh," kata wali kota setempat, Kannika Intarakul kepada penyiar ThaiPBS, demikian dilansir dari The Straits Times, Selasa (23/5/2023).

Sekolah-sekolah di Thailand umumnya memiliki lapangan olahraga dengan atap terbuka untuk melindungi anak-anak dari terik matahari tropis saat mereka bermain.

Salah satu anak laki-laki, berusia enam tahun, dilarikan ke rumah sakit tetapi meninggal karena luka-lukanya.

Mereka yang terluka tetap di dua rumah sakit, di mana mereka menerima perawatan. Tidak ada yang dilaporkan dalam kondisi serius.

Insiden itu terjadi saat Thailand memasuki musim hujan, dengan perkiraan hujan lebat di sebagian besar negara itu dalam beberapa hari mendatang.

"Dalam sekejap mata, saya mendengar suara seperti di zona perang dan dalam rentang waktu lima detik, badai mencapai saya," cerita saksi lain.

Standar keselamatan dan pemeliharaan di negara itu terkadang lemah, dan beberapa bangunan yang runtuh tidak diketahui.

2 dari 4 halaman

11 Nelayan Indonesia Diselamatkan Australia Pasca Kapal Karam Akibat Badai Lisa

Ilustrasi kapal nelayan di Banyuwangi. (Liputan6.com/Hermawan Arifianto)

Bicara soal tragedi akibat badai, 11 nelayan Indonesia terdampar di Pulau Bedwell, Rowley Shoals, Australia Barat, setelah kapal yang mereka tumpangi karam karena Badai Tropis Lisa. Mereka diselamatkan oleh otoritas Australia.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Darwin memperoleh informasi dari Markas Australia Border Force (ABF) terkait peristiwa tersebut pada Senin, 17 April 2023.

"Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Australia khususnya kepada Australian Maritime Safety Authority (AMSA), ABF, dan Australian Fisheries Management Authority (AFMA), yang telah membantu menyelamatkan para nelayan Indonesia," ungkap Direktur Pelindungan WNI Judha Nugraha dalam pernyataan tertulis pada Rabu (19/4/2023).

Para nelayan Indonesia tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Broome dan dinyatakan sehat.

"Mereka dijadwalkan akan tiba di Darwin pada hari ini Rabu, 19 April 2023," tutur Judha.

KJRI Darwin telah meminta akses untuk menemui para nelayan dan memberikan bantuan yang diperlukan.

Baca selebihnya di sini...

3 dari 4 halaman

Korban Tewas Bertambah Jadi 26 Orang, 60 Badai Tornado Hancurkan Sejumlah Negara Bagian di AS

Sistem badai monster merobek Selatan dan Barat Tengah pada hari Jumat, menghasilkan tornado mematikan yang menghancurkan rumah dan pusat perbelanjaan di Arkansas dan meruntuhkan atap teater selama konser heavy metal di Illinois. (Staci Vandagriff/Arkansas Democrat-Gazette via AP)

Selain itu, sedikitnya 26 orang tewas setelah serangkaian badai tornado menghancurkan kota-kota di wilayah selatan dan barat tengah Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari BBC, Minggu (2/4/2023), rumah-rumah hancur dan ribuan orang mengalami putus aliran listrik setelah badai menyebabkan kehancuran di beberapa negara bagian.

Menurut Washington Post, lebih dari 60 badai tornado telah terjadi.

Negara-negara bagian termasuk Arkansas, Tennessee, Illinois, Indiana, Alabama, dan Mississippi semuanya memiliki korban jiwa akibat bencana tersebut.

Satu badai menghancurkan kota Wynne di Arkansas, sebuah komunitas sekitar 170 km di timur ibu kota negara bagian, Little Rock. Tornado di Little Rock terjadi saat serangkaian tornado menyapu bagian mid-west dan selatan.

US National Weather Service (Layanan Cuaca Nasional AS) telah memperingatkan risiko tinggi tornado di beberapa negara bagian sebagai akibat dari sistem badai besar.

Gubernur Arkansas Sarah Huckabee Sanders mengumumkan keadaan darurat di negara bagiannya pada Jumat, dengan penjaga nasional diaktifkan untuk membantu upaya pemulihan.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

5 Orang Tewas Akibat Badai di California, Tornado Langka Turut Melanda Los Angeles

Kerusakan bangunan terlihat pada hari Rabu di Montebello, California, setelah tornado. (AP/Ringo HW Chiu)

Rentetan badai dan tornado juga menewaskan lima orang di sejumlah area di negara bagian California, AS sejak Selasa 21 Maret 2023.

Di Los Angeles County, California, satu orang terluka akibat tornado langka dan terdahsyat yang pernah melanda wilayah itu sejak empat dekade terakhir. Tornado turut menghancurkan sejumlah bangunan.

Disadur dari CNN, Sabtu (25/3/2023), Layanan Cuaca Nasional AS (NWS) mengonfirmasi pada 23 Maret bahwa tornado "mendarat sebentar" di kawasan industri dan gudang kota Montebello, LA County.

Itu adalah tornado kedua yang mendarat di California pekan tersebut, di mana cuaca ekstrem di wilayah tersebut bukan hal umum, kata ahli meteorologi NWS Rose Schoenfeld.

Tornado itu termasuk sebagai kategori EF-1 dengan perkiraan angin puncak 110 mph. Itu merupakan tornado terkuat yang menghantam daerah Los Angeles County sejak tahun 1983.

Badai merusak setidaknya 17 bangunan, dengan 11 rusak sangat parah sehingga pemadam kebakaran menganggapnya terlalu berbahaya untuk digunakan, menurut Michael Chee, petugas informasi publik kota.

Baca selebihnya di sini...

Infografis Kebakaran Hutan dan Bencana Kabut Asap di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya