Jadwal Final Liga Champions Manchester City vs Inter Milan: Pertaruhan Trofi Prestisius di Duel Perdana

Manchester City menghadapi Inter Milan pada final Liga Champions 2022/2023 di Ataturk Stadium, Istanbul, Turki, 11 Juni mendatang, usai menyingkirkan juara bertahan Real Madrid.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 18 Mei 2023, 07:00 WIB
Manchester City, Rodri tantang Inter Milan di final Liga Champions. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City menghadapi Inter Milan pada final Liga Champions 2022/2023 di Ataturk Stadium, Istanbul, Turki, 11 Juni mendatang, usai menyingkirkan juara bertahan Real Madrid.

Pasukan Pep Guardiola mencukur Real Madrid 4-0 pada leg kedua semifinal di Etihad Stadium, Kamis (18/5/2023) dini hari WIB. mereka pun unggul agregat 5-1. Sedangkan Inter lolos ke final setelah menyisihkan AC Milan dengan agregat 3-0 sehari sebelumnya. 

Man City tengah memburu gelar pertama di Liga Champions. Capaian terbaik mereka sebelumnya adalah mencapai final 2020/2021. Kala itu The Citizens ditaklukkan Chelsea. Sedangkan Inter Milan sudah tiga kali mengangkat Si Kuping Besar, terakhir pada 2010.

Kemenangan nanti bakal menjadi gelar kesekian bagi masing-masing klub. The Citizens bisa mengamankan gelar Liga Inggrs jika menaklukkan Chelsea akhir pekan nanti. Mereka bakal menghadapi rival sekota Manchester United pada final Piala FA 3 Juni mendatang.

Sedangkan Inter Milan sudah menjuarai Piala Super Italia. Anak asuh Simone Inzaghi dijadwalkan bersua Fiorentina di partai pamungkas Coppa Italia pada 24 Mei

Final Liga Champions menandai pertemuan pertama kedua klub.

Berikut jadwal final Liga Champions:

Minggu, 11 Juni 2023

02.00 WIB: Manchester City vs Inter Milan

2 dari 3 halaman

Polemik Venue Final Liga Champions

ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Duel Man City vs Inter diwarnai polemik venue yang berpotensi berubah empat edisi secara beruntun. Setelah dalam tiga musim terakhir dua kali dipindah dari Turki dan sekali dari Rusia. Kejadian dilaporkan bisa terulang lagi tahun ini.

Istanbul, Turki seperti diketahui telah ditunjuk sebagai tuan rumah final Liga Champions untuk musim 2020 dan 2021. Namun pandemi Covid-19 yang saat itu tengah menggerogoti dunia membuat partai puncak kompetisi perebutan trofi di Kuping Besar kala itu terpaksa dipindah ke Portugal. 

Tahun lalu kejadian yang sama juga terjadi kepada St Petersburg, Rusia sebagai tuan rumah Liga Champions 2022. UEFA selaku otoritas sepak bola di Eropa terpaksa memindahkan lokasi venue ke Paris, Prancis sebagai buntut invasi yang dilakukan oleh negeri Beruang Merah terhadap Ukraina. 

Nah, tahun ini, final Liga Champions sejatinya berlangsung di Istanbul, Turki. Namun UEFA kabarnya ingin memindahkan lokasinya menyusul situasi politik di negara tersebut.

Kebetulan agenda ini bakal digelar pada akhir bulan Mei atau berdekatan dengan final Liga Champions yang jatuh pada 11 Juni 2023. UEFA khawatir ada potensi kerusuhan yang mungkin terjadi bila masa jabatan Presiden Recep Tayyip Erdogan selama sembilan tahun berakhir lewat pemilihan akhir bulan ini.

3 dari 3 halaman

Sikat Real Madrid

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

Bermain di depan suporter sendiri, Man City langsung menekan pertahanan tim juara bertahan. Mereka mendapatkan peluang emas pada menit ke-12 melalui sundulan Erling Haaland di depan gawang setelah memanfaatkan umpan silang Jack Grealish dari sisi kiri. Namun, kiper Thibaut Courtois masih sigap dalam mementahkan bola.

The Citizens nyaris mencetak gol pada menit ke-20. Bermula dari umpan silang Kevin de Bruyne, bola diteruskan oleh Manuel Akanji ke tengah kotak penalti yang disundul Haaland. Namun, Courtois kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan melompat ke arah kanan.

Gawang Real Madrid akhirnya jebol juga pada menit ke-23. Bernardo Silva menerima umpan dari Kevin De Bruyne dan langsung melepaskan tembakan kaki kiri yang membuat Man City memimpin 1-0.

Tim tamu terlihat kesulitan untuk membongkar pertahanan Man City, beberapa kali tusukan Vinicius Junior masih bisa dipatahkan oleh para pemain belakang tuan rumah.

Real Madrid mempunyai peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-34 lewat tendangan keras Toni Kroos dari luar kotak penalti. Sayangnya bola masih membentur tiang atas gawang yang dikawal Ederson.

Man City justru bisa menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-37. Jack Grealish memberikan bola ke Ilkay Gundogan yang masuk ke kotak penalti, dia kemudian melepaskan tendangan yang diblok Militao.

Bola rebound kemudian disundul masuk ke gawang Real Madrid oleh Bernardo Silva. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Selepas jeda istirahat, Real Madrid meningkatkan intensitas tekanan serangan. Namun, Man City masih bisa mengatasi pendekatan tersebut.

Pada menit ke-73, Haaland kembali gagal mencetak gol setelah bola tembakannya dari jarak dekat masih bisa dimentahkan dengan kaki Courtois.

Man City memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-0 tiga menit kemudian. Eksekusi tembakan bebas De Bruyne disambut sundulan Manuel Akanji sebelum mengenai paha Eder Militao dan masuk ke gawang sendiri.

Real Madrid membuat ancaman di menit ke-82. Ada bola tembakan Lucas Vazquez yang dimentahkan oleh Ederson.

Man City menambah gol lagi di injury time. Pemain pengganti Julin Alvarez mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangannya dari jarak dekat setelah mendapatkan umpan terobosan Phil Foden.

Man City menang 4-0 atas Real Madrid, dengan agregat 5-1.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya