Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo Subianto di Pemilu 2024 Saat Head To Head

Lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil surveinya yang dilakukan 2-5 Mei 2023 yang salah satunya memotret sejumlah tokoh yang disebut sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 07 Mei 2023, 21:26 WIB
Calon Presiden (Capres) PDIP Ganjar Pranowo, melakukan napak tilas di posko pemenangan PDIP Pandegiling, Kota Surabaya. Ganjar juga meresmikan posko tersebut menjadi posko Pemenangan Ganjar Pranowo untuk pemilu 2024 (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil surveinya yang dilakukan 2-5 Mei 2023 yang salah satunya memotret sejumlah tokoh yang disebut sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Hasilnya, bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo unggul dari bacalon presiden dari Gerindra Prabowo Subianto melalui survei head to head atau simulasi dua nama secara tertutup.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvan mengatakan responden ditanya siapa yang akan dipilih sebagai Presiden sekarang ini jika hanya dua nama, yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang maju sebagai calon presiden.

"Pada kelompok pemilih yang tahu kedua tokoh, Ganjar menjadi unggul atas Prabowo. Ganjar mendapatkan dukungan 46,4 persen suara, sementara Prabowo 38,8 persen," kata dia dalam rilis SMRC yang disiarkan secara virtual, Minggu (7/5/2023).

Deni menuturkan masih ada 14,8 persen yang belum menentukan pilihan.

Di sisi lain, Deni juga berkata dalam simulasi head to head atau dua nama yang melibatkan responden secara umum, Ganjar kembali unggul dari Prabowo. Gubernur Jateng dua periode ini mendapatkan dukungan 42,2 persen dan Prabowo 41,9 persen.

Dalam simulasi ini, Deni menyampaikan masih ada 15,9 persen yang belum menentukan pilihan.

Lebih lanjut, Deni berkata bahwa dalam simulasi head to head ini, Prabowo terlihat cenderung unggul atas Ganjar pada bulan Maret sampai April 2023. Namun memasuki bulan Mei, pasca deklarasi Ganjar oleh PDIP, Ganjar mulai mengimbangi Prabowo Subianto.

Bahkan, dalam simulasi di antara yang mengenal keduanya, Ganjar telah menyalip Prabowo.

"Dukungan pada calon presiden ini diperkirakan masih akan dinamis, karena sejauh ini masih ada perbedaan Sngkat pengenalan publik terhadap calon. Saat ini Prabowo sudah dikenal oleh 94 persen atau hampir semua pemilh, sementara Ganjar baru dikenal 85 persen.

Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 925 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±3.3 persen pada Sngkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

 

 

2 dari 2 halaman

Ribuan Warga Sambut Kehadiran Ganjar di CFD Jember

Suasana ruas jalan di sekitar alun-alun Jember, Jawa Timur (Jatim) mendadak ramai oleh ribuan orang yang tumpah ruah mengelilingi bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo.

Ganjar yang muncul bersama sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti mengenakan setelan baju olahraga sontak menjadi pusat perhatian warga yang sedang menikmati Car Free Day (CFD), Minggu (7/5/2023) pagi.

Mereka berlarian menghampiri Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu untuk sekadar bersalaman atau mengabadikan momen dengan foto bersama.

Dari antusiasme tersebut, tak sedikit warga Jember yang meneriakan yel-yel dukungan terhadap Ganjar untuk jadi presiden RI selanjutnya di 2024.

Bahkan sejumlah warga tampak mewarnai rambutnya dengan cat semprot berwarna putih sebagai simbol dukungan kepada Ganjar.

“Hidup Pak Ganjar! Ganjar Presiden! Ganjar… Presiden! Pak Ganjar Presidenku!” gema suara teriakan yang terdengar di lokasi.

Ada juga yel-yel ‘Glory-Glory Ganjar Presiden’ yang menggaung di tengah kerumunan. Menggunakan nada lagu ‘Glory-Glory Man United’, teriakkan itu sontak membuat semangat warga bergejolak.

“Glory-glory Ganjar Presiden! Glory-glory Ganjar Presiden! Glory-glory Ganjar Presiden! Glory-glory Ganjar Presiden! Ganjar… Presiden!” teriak pada warga.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya