Ibu Ida Dayak Diwanti-wanti Pesulap Merah, Diminta Jangan Lagi Ada Trik Darah di Pengobatannya

Pesulap Merah yang dikenal sering membongkar tipuan penyembuhan beberapa dukun, kini mengaku percaya dengan cara pengobatan Ibu Ida Dayak.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 09 Apr 2023, 13:56 WIB
Marcel Radhival alias Pesulap Merah. (M. Altaf Jauhar/ Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Fenomena pengobatan Ibu Ida Dayak mulai mendapat sorotan dari banyak figur publik Tanah Air. Salah satu figur ternama yang kedapatan pernah menyebut Ibu Ida Dayak di salah konten videonya adalah Marcel Radhival alias Pesulap Merah.

Namun begitu, Pesulap Merah yang dikenal sering membongkar tipuan penyembuhan beberapa dukun, kini mengaku percaya dengan cara pengobatan Ibu Ida Dayak. Namun, banyak kanal YouTube yang membuat konten seolah kehadiran Ibu Dayak merepotkan Pesulap Merah.

Hal itu pun membuat Pesulap Merah geram dan meminta warganet untuk memblokir video-video tersebut beserta channel-nya. Meskipun begitu, bukan berarti Pesulap Merah tak pernah menyenggol Ibu Ida Dayak.

Dalam konten terdahulu yang kini beredar kembali di media sosial, terlihat Marcel Radhival pernah mewanti-wanti Ibu Ida Dayak agar tak menggunakan trik darah lagi. Kala itu, Pesulap Merah membongkar trik mengeluarkan darah kotor yang diduga pernah dilakukan Ida Dayak dan terekam kamera.

 

2 dari 4 halaman

Pesulap Merah Menyenggol Ibu Ida Dayak Sambil Wanti-Wanti Soal Trik Darah

Viral Ida Dayak, PABOI Jelaskan Soal Fenomena Pengobatan Alternatif. (Foto: Tangkapan layar TikTok @idadayak7)

Mengintip akun Instagram @lambenyinyir_official, diunggah sebuah video Pesulap Merah menyorot video Ibu Ida Dayak mengoles-oleskan obat ke lutut pasien hingga beberapa detik kemudian, keluar seperti darah dari lutut si pasien.

"Harusnya sih sudah enggak dipraktekkan lagi sama Ibu Ida ya. Gue berharap jangan dipraktekin lagi ya Bu, ya. Kalau enggak, gue gerebek nanti kalau masih dipraktekin lagi," ceplos Pesulap Merah.

"Tuh dioles-olesin, seolah-olah darah kotor kan yang keluar dari kakinya. Seolah-olah darah kotor. Allahu Akbar. Semoga sudah tobat ya Ibu Ida, ya," lanjut Pesulap Merah sambil mempraktekkan trik darah.

 

 

3 dari 4 halaman

Trik Darah Dibongkar Pesulap Merah yang Diduga Pernah Dipraktekkan Ibu Ida Dayak

Sosok Pesulap Merah mendadak jadi sorotan warganet TikTok. (Sumber: Instagram/marcelradhival1)

Pesulap Merah lalu menyampaikan bahwa cairan yang seolah keluar dari lutut pasien itu bukanlah darah maupun darah kotor. Cairan tersebut merupakan minyak yang berubah warnanya hanya dalam beberapa detik.

"Itu ada buktinya ya, Ibu Ida. Mempraktekkan pakai minyak, diolesi, disemprot, terus keluar darah kotor katanya. Padahal bukan darah kotor, tapi minyaknya yang berubah warna," terang Pesulap Merah dilanjutkan dengan praktek triknya.

"Ini trik dukun, bukan minyak tradisional. Ya, gue doakan Ibu Ida jangan sampai mempraktekkan ini. Karena ini penipuan, Ibu, kalau mempraktekkan ini," sambung Pesulap Merah.

 

 

4 dari 4 halaman

Penjelasan Pesulap Merah Soal Membongkar Ibu Ida Dayak

Atas video tersebut, banyak netizen yang salah paham menyangka Pesulap Merah berusaha menjatuhkan Ibu Ida Dayak. Namun banyak juga yang memahami maksud dan tujuan Pesulap Merah, yaitu memperingatkan Ibu Ida Dayak agar menjauhi trik-trik yang sering dilakukan dukun palsu.

Pesulap Merah sendiri telah mengklarifikasi seputar video membongkar trik yang diduga dilakukan Ibu Ida Dayak tersebut. Ia juga mengaku tak meragukan kemampuan Ida Dayak dalam hal memijat bagian tubuh yang sedang bermasalah.

"Tentang IDA DAYAK, pengobatannya ya ahli pijat tulang pada umumnya, semua ahli perbaikan tulang juga memang begitu keahliannya (*Contoh ahli patah tulang lainnya adalah = HAJI NAIM)," tulis Pesulap Merah, pekan lalu di Instagram @marcelradhival1.

"Terus kalo tentang cairan minyak yang katanya bisa ngeluarin darah kotor (*beberapa kali Ida Dayak pernah mempraktekkan) itu udah lama gw bongkar kebohongannya di ILMU MERAH (*Cek slide 2)," sambungnya.

"Tapi alhamdulillah belakangan ini IDA DAYAK udah gapernah lagi praktekin trik itu dan lebih fokus ke keahlian membetulkan tulang yang geser/tidak sesuai tempatnya," pungkas Pesulap Merah.

Infografis Alur Telemedicine dan Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya