Depo Pertamina Plumpang Kebakaran, Kepala BPH Migas Ungkap BBM Aman Terkendali di Back Up dari TBBM Terdekat

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, berharap masyarakat tak perlu cemas kekurangan BBM usai Depo Pertamina Plumpang kebakaran.

oleh Meiristica Nurul diperbarui 06 Mar 2023, 16:32 WIB
Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, berharap masyarakat tak perlu cemas kekurangan BBM usai Depo Pertamina Plumpang kebakaran. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Depo Pertamina Plumpang mengalami kebakaran pada Jumat (3/3/2023) malam hingga menelan korban jiwa. Penduduk di tinggal tak jauh dari depo tersebut terpaksa mengungsi lantaran tak sedikit rumah warga yang habis terbakar.

Pada Sabtu (4/3/2023), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meninjau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), Plumpang, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selain itu BPH Migas juga memastikan bahwa pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) masih bisa dioperasikan.

"Kunjungan kami ke Depo Plumpang untuk memastikan kondisinya, terutama apakah dengan insiden ini mempengaruhi pasokan BBM untuk masyarakat. Alhamdulillah, penyaluran dari TBBM Plumpang masih dapat dioperasikan. Operasi penyaluran BBM untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akan tetap dilayani melalui Depot Plumpang," ungkap Kepala BPH Migas Erika Retnowati, dilansir esdm.go.id, Senin (6/3/2023).

 

2 dari 4 halaman

Back Up

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi langsung lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Sambil didampingi jajarannya, Listyo, Agus dan Fadil tampak berjalan kaki menuju lokasi kejadian. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski begitu, ditambahkan Erika, pemerintah tetap mengantisipasi penyaluran BBM dari Depo Plumpang.

"Pemerintah menjamin ketersediaan pasokan dan pendistribusian BBM aman dan terkendali. Sebagai antisipasi, penyaluran juga sudah di back up dari TBBM terdekat yaitu TBBM Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, dan TBBM Ujung Berung," lanjutnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Fokus Utama

Kepala Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) Erika Retnowati. Dok ESDM

Dengan kebakaran Depo Pertamina Plumpang, diharapkan masyarakat tak perlu khawatir kekurangan BBM.

"Pasokan BBM ke TBBM Plumpang juga diamankan melalui dukungan dari kilang Cilacap dan Balongan yang disalurkan lewat laut ke TBBM Tanjung Priok. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, dan fokus utamanya adalah pada penanganan masyarakat yang terdampak," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Bantuan

Suasana pemukiman warga hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). Saat terjadi ledakan disusul kebakaran hebat, warga mencium bau gas yang sangat menyengat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam kunjungan tersebut tampak hadir juga Direktur Jendral Migas, Tutuka Ariadji, Komite BPH Migas, Basuki Trikora Putra dan Iwan Prasetya Adi, serta Tenaga Ahli Menteri Bidang Tata Kelola Hilir Migas, Mulyono, dengan memberikan penanganan bagi korban yang meninggal serta dirawat.

Juga bantuan diberikan kepada warga yang terdampak dengan menyalurkan bantuan logistik di empat titik yaitu Posko Koramil, Posko Kantor Lurah Tugu Selatan, Posko RPTRA Rasela Rawa Badak, dan Puskesmas Kantor Kelurahan Rawa Badak Selatan.

Infografis Kebakaran Kilang Pertamina Balongan Indramayu

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya