Soto Mata Sapi, Kuliner Ekstrem dari Madura, Berani Coba?

Soto mata sapi ini biasanya banyak dijual di kawasan pedesaan, tetapi cukup populer dan mudah dijangkau oleh para wisatawan.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 07 Mar 2023, 03:00 WIB
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Ika Rahma H

Liputan6.com, Madura - Beberapa daerah di Indonesia memiliki sajian soto khasnya tersendiri, termasuk Madura. Umumnya, soto disajikan dengan daging ayam atau sapi.

Namun, di Bangkalan, Madura, terdapat soto unik yang disebut dengan soto mata sapi. Soto mata sapi ini biasanya banyak dijual di kawasan pedesaan, tetapi cukup populer dan mudah dijangkau oleh para wisatawan.

Mata sapi pada kuliner ini bukan menggunakan telur mata sapi, melainkan mata sapi yang sebenarnya. Bagi yang belum pernah mencoba, tentu menganggap kuliner yang satu ini termasuk ekstrem.

Selain mata sapi, soto ini juga kaya akan topping, sehingga menambah cita rasa saat disantap. Beberapa topping yang digunakan, di antaranya koya, kacang goreng, hingga marning jagung.

Kuliner Madura ini bisa ditemukan di warung 'Soto Mata Sapi Bu Mis' yang berlokasi di Jalan Pancar Selatan, Pancar, Burneh, Bangkalan. Warung ini buka setiap hari mulai pulul 08.00-16.00. Soto ini memiliki kuah berwarna merah, bukan kuning atau bening seperti soto pada umumnya. Kuahnya pun sedikit lebih kental karena bumbu rempah khas dan rahasia yang digunakan. Soal rasa, kuah ini didominasi dengan rasa gurih dan sedikit pedas.

Uniknya lagi, sajian ini tidak disantap bersama nasi, melainkan lontong. Lontong tersebut dipadukan dengan bihun dan mata sapi, kemudian disiram kuah soto yang berwarna merah.  Selanjutnya, soto ditambahkan topping. Tak lupa, soto juga ditaburi seledri untuk menambah kesedapan aroma.

Adapun mata sapi pada soto ini memiliki tekstur kenyal pada bagian dalam dan lembut di bagian luar. Tekstur tersebut memiliki kemiripan dengan kikil, hanya saja mata sapi memiliki sensasi meledak di mulut karena bulatan mata sapi tersebut.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya