Istri Menpora Zainudin Amali, Nadiah Alhamid Setia Dampingi Suami dari Acara Kenegaraan sampai Maulud Nabi

Dalam berbagai kesempatan termasuk acara kenegaraan, Menpora Zainudin Amali selalu terlihat didampingi Nadiah Alhamid.

oleh Henry diperbarui 22 Feb 2023, 16:04 WIB
Menpora Zainudin Amali dan istri, Nadiah Alhamid.  foto: www.kemenpora.go.id

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyita perhatian setelah dikabarkan akan meninggalkan jabatannya sebagai Menpora setelah menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Kalau itu terjadi, maka kita tidak akan melihat lagi Zainudin Amali bersama istrinya, Nadiah Alhamid menghadiri berbagai acara kenegaraan.

Dalam berbagai kesempatan termasuk acara kenegaraan, Menpora Zainudin Amali selalu terlihat didampingi Nadiah Alhamid Zainudin Amali. Salah satunya saat menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-77 RI) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022 lalu.

Melansir laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Amali bersama istri terlihat serasi dan elegan mengenakan baju adat Provinsi Riau.  Menpora Amali dan Nadiah nampak serasi dengan baju adat warna krem ini.

Menpora terlihat gagah dengan baju adat lengan panjang, dilengkapi dengan celana panjang yang dibalut dengan menggunakan sarung setinggi lutut berwarna merah motif warna emas.  Untuk melengkapi penampilannya, Menpora Amali memakai tanjak sebagai petutup kepala berwarna merah motif emas.

Sementara itu, Nadiah terlihat anggun dengan warna serupa, lengkap dengan selempang warna merah bermotif warna emas khas Kepulauan Riau yang diselempangkan pada sisi bahu kiri.  Menpora Amali bersama istri hadir sesaat setelah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta sesaat sebelum kedatangan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Istana Merdeka dan beberapa pejabat teras dan para duta besar negara-negara sahabat.

 

2 dari 4 halaman

Nadiah Ikut Acara Maulud Nabi

Istri Menpora Zainudin Amali, Nadiah Alhamid. foto: www.kemenpora.go.id

Dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai Inspektur Upacara. Presiden terlihat mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Tak hanya di acara kenegaraan. Nadiah Alhamid juga mendampingi sang suami menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Almarhum Habib Muchdar bin Ahmad Alhamid ke-44/Almarhumah Aisyah Binti Sodiq Alaydrus ke-3 di Kompleks Taman Laguna, Cibubur, 25 Desember 2022 lalu.

Dengan menggunakan kemeja putih Menpora Amali bersama istrinya Nadiah Zainudin Amali duduk berdampingan dengan Habib Taufiq Assegaf, Habib Umar bin Ahmad Al-Hamid dan Sesmenpora Gunawan Suswantoro.

"Apa yang kita lakukan pada hari ini (memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW) adalah hal yang sangat positif sebagai rasa terima kasih kita kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita ke jalan yang baik dan Insyah Allah, kita harapkan syafaatnya," ucap Menpora Amali saat memberikan sambutan. Pada kesempatan itu, Menpora Amali meminta kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Penasihat Dharma Wanita Kemenpora

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri), Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (tengah) dan Menpora Zainudin Amali (kanan) usai memberikan konferensi pers tentang penegakan hukum match fixing di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/2/2023). Pemerintah mempersiapkan Satgas Antimafia Bola untuk mengawal kebijakan menghadapi kejuaraan tingkat nasional dan internasional. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Saya meminta kepada masyarakat untuk menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia. Karena sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang tensinya agak tinggi. Bisa jadi diantara kita akan kembali ikut didalam tensi yang tinggi itu," ucapnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Almarhum Habib Muchdar bin Ahmad Alhamid ke-44/Almarhumah Aisyah Binti Sodiq Alaydrus ke-3 diakhiri dengan tausyiah oleh Habib Taufiq Assegaf dan Habib Umar bin Ahmad Al-Hamid.

Selain mendampingi suami, Nadiah Alhamid juga menghadiri sendiri sejumlah acara yang berkaitan dengan bidang pemuda dan olahraga. Salah satunya saat menghadiri kegiatan Pelatihan Kemandirian dan Pembentukan Karakter, kegiatan yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat pada 22 Maret 2022 lalu.

Sebagai Penasihat Dharma Wanita (DWP) Kemenpora RI Nadiah membuka acara yang diikuti sebanyak 50 orang anak muda dari berbagai unsur komunitas dan organisasi pemuda di wilayah Bandung. Nadiah Alhamid dalam sambutannya mengatakan bahwa, pelatihan tersebut merupakan bentuk kehadiran negara untuk membentuk dan memberdayakan para pemuda termajinalkan.

Harapannya, para pemuda mampu berdaya saing secara global, keberadaan. Kemenpora sebagai perwakilan pemerintah pusat memiliki tanggungjawab besar dalam mengimplementasikan dan memberdayakan para pemuda yang termajinalkan.

 

4 dari 4 halaman

Dibenarkan Jokowi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali tiba pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Adapun selain Erick Thohir dan La Nyalla, terdapat dua calon ketua umum PSSI lainnya, yakni Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Harapannya, para pemuda mampu berdaya saing secara global, keberadaan. Kemenpora sebagai perwakilan pemerintah pusat memiliki tanggungjawab besar dalam mengimplementasikan dan memberdayakan para pemuda yang termajinalkan. Pelatihan tersebut merupakan bentuk kehadiran negara dalam membentuk karakter dan memberdayakan pemuda yang termarjinalkan agar lebih mandiri dan berdaya saing global.

Dari pernikahannya dengan Nadiah Alhamid, Menpora Amali mempunya seorang anak perempuan bernama Safira. Sejak terpilih sebagai Waketum PSSI, Zainudin Amali memiliki jabatan rangkap lantaran menjabat sebagai Menpora. Berembus kabar kalau Zainudin mengundurkan diri sebagai Menpora.

Presiden Jokowi pun menuturkan, Zainudin Amali memang telah menyampaikan keinginan mundur dari Menpora setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Namun Jokowi belum menerima surat pengunduran diri dari Amali secara resmi."Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah,” ujar Jokowi, Selasa, 21 Februari 2023, dilansir dari kanal News Liputan6.com.

Jokowi belum mau berbicara soal Menpora pengganti Zainudin Amali. Jokowi menuturkan, hal itu akan diputuskan setelah Zainudin Amali menyampaikan pengunduran diri resmi. "Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara," tutur Jokowi.

 

Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya