MasterChef India Tuai Pro Kontra Usai Izinkan Kontestan Pakai Keju dalam Tantangan Ikan Salmon

Para juri MasterChef India tidak memberikan alasan atas keputusan mereka.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 21 Feb 2023, 19:10 WIB
Ilustrasi Keju Mozzarella (dok. Pixabay.com/DominikSchraudolf)

Liputan6.com, New Delhi - Juri MasterChef India menuai kritik di media sosial karena membiarkan seorang kontestan menggunakan keju (paneer), sementara empat kontestan lainnya menggunakan ikan salmon dalam tantangan memasak yang bisa menyelamatkan mereka dari eliminasi.

Para juri tidak memberikan alasan atas keputusan mereka. Musim MasterChef India saat ini, yang streaming di aplikasi SonyLIV, memiliki tiga koki terkenal sebagai juri, yaitu Vikas Khanna, Garima Arora, dan Ranveer Brar.

Adegan kontroversial tersebut terjadi pada Episode 35. Aruna Vijay dinilai tidak terkejut mendengar bahwa dia menggunakan keju dalam tantangan tersebut.

Laporan menyebutkan bahwa sebelumnya, Aruna sempat menolak penggunaan telur sebagai unsur masakannya. Aruna sendiri berasal dari komunitas Jain, yang dikenal sebagai vegan. Demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (21/2/2023).

"MasterChef memiliki musim khusus vegetarian sejak lama dan Aruna seharusnya datang di musim itu jika dia harus memasak dengan bahan vegetarian. Jika Anda mencoba berkompetisi di MasterChef, Anda harus siap memasak dengan segalanya," twit akun Twitter @HufflepuffKanya.

Di lain sisi, ada pula yang memujinya karena mempertahankan keyakinannya.

"Aruna Vijay dari Tamilnadu, yang merupakan marwari jain, yang berada di sepuluh besar di master chef India Sony TV, menolak untuk memasak hidangan yang harus dia taruh telur. Dia membela prinsip-prinsipnya, dan nilai-nilai bahkan dengan kehilangan 25 lac. Bangga padanya. #masyarakatvegetarian," twit pemilik akun @SHEKARSUSHEEL.

Hidangan Aruna disebut mendapat komentar positif dari para juri dan dia berada di urutan kedua dalam tantangan tersebut.

2 dari 2 halaman

Studi Soal Vegetarian di India

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

India sering distereotipkan sebagai negara yang sebagian besar vegetarian. Namun, sejumlah penelitian menentang hal tersebut.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hanya sekitar 20 persen orang India yang benar-benar vegetarian.

Makanan, terutama daging, seringkali menjadi isu yang memecah belah dan kontroversial di Negeri Hindustan akibat perbedaan agama dan politik.

Pada tahun 2014, produser MasterChef menimbulkan kontroversi karena mengumumkan musim pertunjukan yang semuanya vegetarian. Program tersebut dihapus setelah beberapa musim.

Bagaimanapun, meski kontestan bisa memasak dengan telur, ayam, dan makanan laut, daging sapi dan babi tidak pernah digunakan dalam MasterChef India.

Penduduk India yang mayoritas beragama Hindu memuja sapi sebagai hewan suci. Dan di bawah hukum Islam, umat muslim dilarang makan daging babi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya