Sensasi Seru Liburan di Kawah Sikidang, Menyaksikan Kijang-Kijang Nakal Berlompatan

Berlibur ke Dieng memang tidak cukup satu tempat didatangi, tetapi anda bisa mendatangi wisata lainnya yang tidak berada jauh dari lokasi wisata lainnya.

oleh Dewi Divianta diperbarui 22 Jul 2023, 09:44 WIB
Kawah Sikidang Sensasi Liburan Seru dengan Aroma Belerang (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banjarnegara - Kawah Sikidang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Anda bisa menemukan wisata ini usai muncak di Bukit Sikunir, lokasi kedua wisata ini tidak teralu jauh.

Dengan membayar parkir mobil sebesar Rp5 ribu anda akan diarahkan untuk masuk dan membeli tiket memasuki kawasan kawah Sikidang.

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu anda bisa menyusuri jalan kayu yang didesain seperti jembatan untuk memudahkan pengunjung menikmati suasana atau sekedar berswa poto di area kawah yang diketahui masih aktif tersebut.

Di area Kawah Sikidang terdapat mata air kecil yang airnya selalu mendidih dan beberapa titik lapang atau kawah keluar titik-titik yang selalu berpindah-pindah. Itulah sebabnya kawah tersebut dinamakan Kawah Sikidang yang memiliki arti Kijang yang melompat-lompat.

Meski diperbolehkan berkeliling melalui jembatan kayu yang memanjang tersebut, sangat disarankan para pengunjung untuk menggunakan masker untuk menutupi area mulut dan hidung karena bau belerangnya sangat menyengat.

Kawah yang masuk kawasan Banjarnegara itu menjadi lokasi wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan, terlebih pada saat akhir pekan atau hari libur besar lainnya.

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Kawah Aktif

Pengunjung Sedang Selfie di Kawasan Kawah Sikidang (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Dari catatan geologi, kawah Sikidang mengalami letusan freatik terakhir pada tahun 1981 silam, dan tergolong kawah muda. Kawah itu terbentuk dari letusan gunung berapi yang ada di dataran tinggi Dieng pada masa silam.

Kawah Sikidang juga berada di kawasan datar, sehingga kawah tersebut bisa dijadikan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi tersebut juga dibuka untuk tempat wisata umum, terdapat beberapa warung di area tersebut, penunjang wisata juga disediakan di area tersebut seperti penyewaan ATV dan juga kuda.

Dengan berjalan menyusuri jembatan kayu, kita akan merasakan sensasi seru melihat langsung letupan-letupan kawah dari lumpur atau air yang panas, dan juga asap mengepul di atasnya yang dijadikan spot background poto para wisatawan atau pengunjung.

Meskipun memiliki pemandangan yang indah dengan sensasi letupan-letupan lumpur panas, dan memunculkan asap berwarna putih namun wisata ini cukup aman untuk didatangi pengunjung asal tidak berlama-lama di lokasi tersebut.

Ditemui di Lokasi Kawah Sikidang Praditya yoga wisatawan asal Kota Surakarta menyebut Kawah Sikidang memiliki lokasi apik untuk dijadikannya obyek fotografinya. Ia dengan bersemangat mengabadikan aksi rekan-rekannya melalui kamera handphonenya.

"Walau agak menyengat baunya, tapi asik tempatnya. Ubtuk foto-foto juga bagus. Tadi karena datangnya pagi sekali sekitar jam 6, jadi pas masuk ke sini tidak bayar, karena loketnya masih tutup. Cuma bayar parkir saja 5 ribu rupiah," ujar dia. 

Untuk diketahui, Kawah Sikidang berada di Kawasan dataran tinggi Dieng tepatnya di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya tidak berada jauh dari Bukit Sikunir dan juga Candi Arjuna.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya