6 Destinasi Liburan Romantis di Indonesia untuk Rayakan Valentine

Valentine jadi momen yang tepat bagi pasangan untuk liburan romantis.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 03 Feb 2023, 19:10 WIB
Ilustrasi objek wisata Pulo Cinta, Gorontalo. (Photo by Filippo Cesarini on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Momen valentine menjadi saat yang romantis dan cocok untuk menghabiskan berlibur bersama pasangan. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, sebab sebagai negara kepulauan yang memiliki lebih dari 13 ribu pulau, Indonesia punya begitu banyak pulau untuk dipilih.

Bagi pasangan yang sedang berbulan madu atau liburan romantis, Anda akan menemukan banyak tempat bagus untuk dikunjungi di Indonesia. Tempat-tempat ini menawarkan aktivitas tak terlupakan mulai dari candlelit dinner di tepi pantai hingga petualangan snorkeling dan spa mewah di resor bintang lima. Berikut enam destinasi liburan romantis yang dirangkum Liputan6.com pada Jumat (3/2/2023).

1. Ubud - Bali

Bali tentunya menduduki posisi puncak daftar destinasi liburan romantis untuk dikunjungi di Indonesia. Terkenal di kalangan turis mancanegara, Bali di setiap sudutnya menawarkan pengalaman romantis bersama pasangan.

Banyak orang memilih bulan madu ke Bali dengan melakukan perjalanan sehari ke wilayah Ubud, yang terkenal dengan pemandangan sawah dan suasananya yang unik. Dataran tinggi Ubud menawarkan tempat peristirahatan yang memesona bagi pasangan tanpa pergi terlalu jauh dari daerah Bali yang ramai.

Lakukan pendakian di Sawah Terasering Tegalalang, kunjungi Hutan Kera Suci, atau jika cukup punya nyali naiklah Bali Swing! Saat berada di Bali, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk melakukan olahraga air. Bersama pasangan Anda bisa snorkeling atau scuba diving sebagai bagian petualangan liburan romantis di pantai Bali yang dijamin akan memicu romansa.

 

2 dari 4 halaman

2. Taman Nasional Komodo - Flores

Pulau Komodo di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT. (dok.Instagram @pulaukomodotour/https://www.instagram.com/p/BoD9yfCB0zp/Henry)

Mengutip dari Ravish Magazine, Jumat (3/2/2023) untuk pasangan yang menyukai satwa liar maka mengunjungi Pulau Komodo pilihan tepat. Meskipun lebih terkenal sebagai rumah bagi komodo, biawak terbesar di dunia, pulau ini juga merupakan rumah bagi tempat menyelam berkualitas tinggi dan kehidupan bawah air. Naik perahu singkat akan membawa Anda ke Pantai Pink, pantai cantik dengan warna pink yang berbeda.

Pulau Komodo merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal dengan bentang alamnya yang menakjubkan dan satwa liar unik. Lantaran keunikannya, pulau ini telah dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Baru.

Meski komodo adalah daya tarik utama pulau ini, banyak keistimewaan lain yang membuat pulau ini menarik. Selain pantai pink, pantai ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Ada juga tempat luar biasa di dalam taman untuk menikmati snorkeling dan menyelam, memberi Anda banyak kesempatan untuk menemukan kehidupan laut pulau yang kaya.

Ada banyak cara untuk menuju Pulau Komodo karena tempat ini destinasi populer di Indonesia. Namun pertama-tama, Anda harus pergi ke kota utamanya, Labuan Bajo. Untuk menuju ke sini, Anda bisa mengambil penerbangan langsung dari kota-kota utama Indonesia, seperti Bali, Lombok, dan Jakarta.

 

3 dari 4 halaman

3. Gili - Lombok

Kepulauan Gili di Lombok memiliki berbagai keindahan untuk para wisatawan.

Lokasinya dekat dengan Bali, Lombok adalah pulau indah lainnya di Indonesia yang memancarkan suasana romantis. Bahkan, bisa menyaingi Bali dalam hal pemandangan, khususnya Kepulauan Gili sebagai tempat populer untuk menyelam dan snorkeling yang bisa digapai satu jam perjalanan menggunakan speed boat.

Pasangan petualang tentu harus mendaki Gunung Rinjani. Tapi mendaki puncak bukan untuk orang yang lemah hati. Jika Anda baru mengenal trekking, pilihlah pendakian yang mudah di sekitar tepi kawah.

Ini mungkin pendakian singkat, tetapi pemandangannya sangat menakjubkan! Kunjungi juga wisata alam Lombok lainnya, seperti Air Terjun Benang Kelambu yang dikelilingi oleh pemandangan yang mirip pemandangan dari Jurassic Park.

4. Kepulauan Anabas

Dijuluki oleh CNN sebagai "Pulau Tropis Terbaik di Asia" pada 2013, Kepulauan Anambas merupakan surga yang sesungguhnya. Terletak di Laut Cina Selatan, pulau-pulau tersebut menghadap ke laut lepas yang memberikan pemandangan laut indah. Kepulauan ini juga merupakan rumah bagi pulau-pulau hijau subur dengan laguna biru.

Rumah bagi tempat menyelam yang sangat baik, Kepulauan Anambas adalah surga bagi penyelam. Anda bersama pasangan akan terkagum-kagum dengan kehidupan laut yang penuh warna saat menyelam.

Di darat, Anda akan menemukan deretan pohon kelapa yang menutupi pantai berpasir putih, tempat beberapa penyu menemukan habitatnya. Salah satu hal paling romantis bagi pasangan yaitu mengunjungi banyak laguna yang menakjubkan, terutama di pulau Pulau Bawah, Pantai Selat Rangsang, dan Pantai Pulau Penjalin. Saat air surut, pulau-pulau tersebut dihubungkan oleh pasir, menciptakan laut pedalaman yang memesona.

4 dari 4 halaman

5. Raja Ampat - Papua

Suasana keindahan alam di sekitar Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/11/2019). Keindahan dan panorama alam masih menjadi daya tarik utama wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke kawasan Raja Ampat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jika Anda sedang mencari surga tropis yang eksotis untuk liburan romantis Anda berikutnya, pergilah ke Raja Ampat. Ini adalah kepulauan menakjubkan yang terkenal dengan pantainya yang indah, terumbu karang yang berwarna-warni, dan keanekaragaman hayati laut yang kaya.

Untuk memaksimalkan petualangan laut tropis Anda di Raja Ampat, pergilah ke Waisai, rumah bagi beberapa tempat menyelam dan pantai cantik bernama Waiwo. Pastikan Anda melihat pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Raja Ampat, seperti Pulau Pianemo, yang memiliki dek observasi di puncak bukit dan menawarkan pemandangan samudra luas dan pulau-pulau yang tak terhalang.

Pemandangan yang menakjubkan adalah alasan yang cukup untuk datang ke sini. Namun jika Anda cukup berjiwa petualang, lakukan lompat tebing ke laguna biru kehijauan yang mengelilingi pulau-pulau kecil. Berenanglah di air sebening kristal dan nikmati aktivitas air seru lainnya.

6. Pulo Cinta - Gorontalo

Dikenal sebagai Pulau Rempah, Sulawesi pernah menjadi lambang jalur perdagangan Belanda. Ada masa ketika pelabuhannya penuh sesak dengan kapal dan orang-orang dari negeri yang jauh. Saat itu masa perang, ketika Pangeran muda Gorontalo bertemu dengan putri cantik seorang pedagang Belanda.

Di antara pertumpahan darah dan mesiu, melawan semua cinta terlarang mereka dalam penderitaan. Tersembunyi di malam hari, di bawah taburan bintang, Pulo Cinta adalah pelarian rahasia dua insan ini. Di sana, mereka bisa menjadi sepasang kekasih, jauh dari segala hal yang memisahkan mereka. Dengan kisah romansa di baliknya Pulo Cinta sangat cocok untuk destinasi romantis bersama pasangan. Sambil bertualang dengan dunia bawah laut, Anda juga bisa menikmati suasana hutan hujan yang rimbun dan pantai yang masih asli.

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya