Ingin Kulit Kepala Tidak Kering? Anda Bisa Rutin Lakukan 7 Hal Ini!

Perawatan kulit kepala memang mudah, akan tetapi Anda harus tetap melakukannya dengan rutin dan teratur.

oleh Fachri pada 29 Jan 2023, 14:57 WIB
Buat kamu yang sering merasa gatal di kulit kepala, ini dia beberapa cara alami untuk mengatasinya. (Foto: dermatologyalliancetx.com)

Liputan6.com, Jakarta Kulit kepala harus terawat dengan baik karena pada bagian tersebut terdapat kurang lebih sekitar 100.000 folikel rambut. Folikel rambut dapat berguna untuk menjaga kelembapan di kulit kepala Anda.

Selain itu, terdapat juga mikrobioma pada kulit kepala. Mikrobioma seringkali menimbulkan sakit kepala, penyakit dermatitis seboroik, dermatitis atopic, hingga muncul ketombe. Untuk itu, perawatan kulit kepala harus dilakukan secara tepat, ya!

Perawatan kulit kepala memang mudah, akan tetapi Anda harus tetap melakukannya dengan rutin dan teratur. Dan untuk menghindari kulit kepala menjadi kering, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. 

2 dari 3 halaman

1. Jangan Keseringan Keramas

Ilustrasi memijat kulit kepala. Sumber: freepik

Keramas secara berlebih dapat membahayakan kulit kepala Anda. Pasalnya, kandungan yang terdapat pada sampo, seperti sulfat, alkohol, dan bahan kimia lainnya bisa menghilangkan minyak alami pada kulit kepala jika dilakukan secara berlebihan.

Agar minyak di kulit kepala tetap terjaga, anda bisa melakukan keramas sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu. Kulit kepala yang menghasilkan minyak alami akan tetap terhidrasi, walau Anda keramas tidak setiap hari. 

Jika jenis kulit kepala Anda lepek, bisa menggunakan dry shampoo atau bedak bayi agar minyak di kulit kepala kamu bisa diserap dengan optimal.

2. Pijat Kepala saat Keramas

Anda juga dapat melakukan pijat ringan pada kepala saat keramas. Anda juga disarankan untuk tidak menggosok kulit kepala secara berlebihan. Aktivitas tersebut dapat menyebabkan abrasi pada kulit dan kulit menjadi kering.

Ketika Anda memijat kepala, bisa dilakukan secara melingkar di kulit kepala. Cara tersebut dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, folikel rambut juga dapat bertumbuh dengan baik.

3. Gunakan Minyak Zaitun

Agar hidrasi kulit kepala dapat terjaga dengan baik, Anda dapat menggunakan minyak zaitun dan oleskan ke seluruh area kulit kepala. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak almon dan jarak sebagai penggantinya. 

3 dari 3 halaman

4. Konsumsi Suplemen Kaya Omega 3

Ilustrasi vitamin E atau vitamin omega/Shutterstock-Aedka Studio.

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah minyak ikan yang mengandung omega 3. Dengan kandungan omega 3 yang banyak, itu dapat membantu Anda dari kerontokan di rambut. 

5. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Untuk mencegah radikal bebas mengendap di tubuh Anda, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan bisa dilakukan. Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan manis berlebih. Pasalnya, makanan yang cenderung manis bisa memberikan dampak tidak baik untuk kulit kepala dan dapat meningkatkan populasi jamur serta ketombe. 

6. Konsumsi Probiotik

Guna menjaga kesehatan kulit kepala, Anda juga dapat mengonsumsi probiotik. Probiotik bisa membantu Anda menjaga keseimbangan mikrobioma di kulit kepala.

7. Jaga Asupan Cairan

Asupan cairan juga harus Anda perhatikan. Dengan menjaga asupan cairan agar tetap seimbang, Anda dapat mengonsumsi air putih yang cukup. 

Selain itu, air putih juga dapat menjaga tubuh Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik. Anda bisa minum air putih yang mengandung mineral esensial murni sebanyak 6 hingga 8 gelas per hari.

Itulah beberapa cara agar merawat kulit kepala agar tidak kering. Yang harus Anda ingat, perawatan kulit kepala harus dilakukan secara rutin dan teratur, agar hasilnya maksimal. 

 

(*) 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya