11 Makanan dengan Lemak Visceral yang Harus Kamu Hindari, Bisa Bahaya!

Lemak visceral bisa mematikan dan semua orang berisiko, tetapi dalam banyak kasus hal ini dapat dicegah dengan pilihan gaya hidup dan menghindari makanan utama tertentu.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 23 Des 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi Fast Food Credit: unsplash.com/Hasseb

Liputan6.com, Jakarta - Lemak memiliki banyak peran yang berbeda dalam tubuh. Lemak merupakan bantalan bagi organ tubuh, melepaskan hormon yang mengendalikan nafsu makan dan fungsi otak lainnya, serta merupakan tangki bahan bakar untuk energi dari makanan kita.

Dengan kata lain, lemak, termasuk lemak visceral, tidak buruk. Tetapi terlalu banyak lemak menyebabkan masalah.

Kamu mungkin mengonsumsi makanan penambah berat badan yang secara khusus dapat menyebabkan lemak visceral, lemak berbahaya yang tersembunyi di dalam perut dan membungkus organ-organ vital.

Lemak visceral telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan banyak lagi.

Lemak visceral bisa mematikan dan semua orang berisiko, tetapi dalam banyak kasus hal ini dapat dicegah dengan pilihan gaya hidup dan menghindari makanan utama tertentu.

Maka dari itu pola makan memainkan peran kunci dalam akumulasi lemak visceral, mengutip Eat This Not That, Jumat (23/12/2022), berikut makanan yang menghasilkan lemak visceral:

 

1. Sereal 

Seorang ahli penyakit dalam, pengobatan gaya hidup dan pengobatan obesitas, Megan Mescher-Cox mengatakan bahwa kebanyakan sarapan sereal manis yang terbuat dari biji-bijian olahan dan gula tambahan.

Sereal ini juga hanya memiliki sedikit serat makanan karena serat ini dihilangkan melalui proses pengolahan.

"Mengonsumsi makanan glikemik tinggi di pagi hari dapat menjadi 'pukulan ganda' bagi kesehatan kamu - pertama dengan penambahan kalori kosong dengan sedikit nilai gizi, tetapi yang kedua dengan menyebabkan lonjakan kadar insulin, yang pada gilirannya dapat menyebabkan seseorang merasa kekurangan energi sekitar 2 jam setelah makan," tutur Mescher-Cox.

Kurangnya energi ini menyebabkan kurang berolahraga dan sering kali keinginan untuk makan makanan cepat saji berkalori tinggi lainnya untuk mendapatkan ledakan energi yang cepat.

Efek roller coaster yang dihasilkan oleh puncak dan lembah dalam kadar gula darah dan insulin seseorang menyebabkan asupan kalori yang lebih tinggi dan tingkat olahraga yang lebih rendah, yang merupakan alur sempurna untuk produksi lemak visceral.

2 dari 6 halaman

Minyak Kelapa Sawit dan Kopi Beku

Ilustrasi sulingan minyak alpukat dalam botol kaca (Credit: Freepik/azerbaijan_stockers)

2. Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit sangat tinggi lemak jenuh, yang diketahui menyebabkan lebih banyak lemak visceral. 

Dalam sebuah penelitian pada 2014, peserta yang makan muffin dengan minyak kelapa sawit yang kaya lemak jenuh memperoleh lebih banyak lemak secara keseluruhan, khususnya di hati dan perut mereka, dibandingkan dengan individu yang makan muffin dengan lemak tak jenuh ganda dari minyak bunga matahari.

3. Kopi Beku

Dokter Keluarga Bersertifikasi, Tomi Mitchell mengatakan, jika dikonsumsi terlalu sering, minuman kopi beku dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang buruk.

Karena kandungan gulanya yang tinggi, minuman kopi beku dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat yang memiliki implikasi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

Selain itu, minuman ini cenderung tinggi kalori yang dapat menyebabkan peningkatan lemak visceral. Jadi, meskipun sesekali memanjakan diri, minuman kopi beku seharusnya tidak menjadi kebiasaan sehari-hari.

3 dari 6 halaman

Minuman dengan Tambahan Krim dan Gula serta Kue

Ilustrasi minuman manis, kekinian. (Photo by Frank Zhang on Unsplash)

4. Minuman dengan Tambahan Krim dan Gula

Megan Mescher-Cox mengatakan, krim kental dan gula yang ada di banyak minuman yang dibuat mengandung lemak jenuh dan gula rafinasi dalam jumlah besar yang merupakan resep untuk pengembangan lemak visceral.

"Banyak dari minuman ini memiliki lebih banyak gula daripada jumlah yang direkomendasikan sepanjang hari dan terkadang lebih banyak kalori daripada makanan biasa. Kelebihan kalori juga akan diubah menjadi lemak yang tersimpan," ungkap Mescher-Cox.

Sebagai alternatif, menurut dia, pilihlah teh hijau, hitam, atau teh herbal.

"Teh-teh ini memiliki manfaat kesehatan karena tingkat antioksidannya yang tinggi dan tidak mengandung gula, lemak jenuh, atau bahkan kalori," tambahnya.

5. Kue, Kue Kering, Biskuit

Mescher-Cox menjelaskan bahwa, kombinasi gula rafinasi dengan kalori kosong -kalori yang hanya menyumbang sedikit atau tidak ada nilai gizi- dalam biskuit atau kue menyebabkan resistensi insulin dan kelebihan berat badan, terutama lemak visceral.

Menurut Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD, seorang ahli diet, kue kering dan biskuit juga sering kali mengandung lemak jenuh yang cukup banyak dari mentega atau lemak trans dari margarin bisa juga dari lemak padat lainnya yang dapat disimpan di rak, yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol (dan kolesterol LDL).

4 dari 6 halaman

Daging Olahan hingga Makanan Cepat Saji

Ilustrasi sosis (Sumber: Pixabay)

6. Daging Olahan dan Daging Merah

Stacie J. Stephenson, penulis buku Vibrant: A Groundbreaking Program to Get Energized, Own Your Health, and Glow, mengatakan bahwa, daging olahan, seperti bacon, sosis, ham, dan daging deli, dan daging merah misal daging sapi, terutama potongan tinggi lemak seperti ribeye, telah dikaitkan dengan lemak visceral dalam berbagai penelitian.

Dalam sebuah studi pada 2020, asupan daging yang lebih tinggi, secara umum, dikaitkan dengan lebih banyak lemak visceral, terutama pada wanita berusia di atas 45 tahun.

Pilihan yang lebih baik adalah sumber protein dengan lemak yang lebih sehat, seperti makanan laut, dan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan.

7. Makanan Cepat Saji

Menurut Mescher-Cox, burger keju memiliki kombinasi makanan yang menyebabkan pembentukan lemak visceral karena kandungan kalori tinggi, lemak jenuh, dan faktor inflamasi dari daging merah dan keju akan menghasilkan lebih banyak produksi lemak visceral dan hal ini sering kali digabungkan dengan roti putih olahan yang membentuk roti.

Penambahan mayones atau olesan lainnya semakin menambah lemak tidak sehat ke dalam kombinasi tersebut.

 

 

5 dari 6 halaman

Donat dan Kentang Goreng

Ilustrasi/Copyright unsplash/Rod Long

8. Donat

Gula rafinasi ditambah lemak rafinasi adalah resep untuk membentuk lemak visceral, donat mengandung keduanya tanpa kualitas nutrisi seperti serat atau antioksidan.

Sebuah studi pada 2020 menunjukkan bahwa asupan gula tambahan dikaitkan dengan lemak visceral yang dikemas di sekitar jantung, dan sebuah studi tentang remaja yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa asupan lemak dan gorengan yang lebih besar dikaitkan dengan akumulasi lemak di sekitar hati, sementara asupan gula yang lebih besar dikaitkan dengan peningkatan lemak visceral di perut.

9. Kentang Goreng

Penyebab penghasil lemak visceral berikutnya adalah kentang goreng, baik dalam bentuk keripik kentang atau kentang goreng.

Menurut Mescher-Cox, kentang adalah makanan glikemik tinggi, yang berarti kentang dapat menyebabkan gula darah melonjak.

Goreng kentang dengan lemak dan kamu menambahkan lemak trans - yang biasa digunakan dalam penggorengan - serta akrilamida karsinogenik yang terbentuk ketika makanan kaya karbohidrat terpapar pada suhu yang sangat tinggi, seperti dalam penggorengan dengan lemak dalam.

Dalam sebuah studi yang meneliti pola diet yang terkait dengan lemak visceral, para peneliti mengidentifikasi bahwa makanan yang digoreng dan makanan cepat saji sangat berkorelasi dengan lemak visceral. Kentang goreng termasuk dalam kedua kategori tersebut.

 

6 dari 6 halaman

Alkohol dan Soda

Ilustrasi alkohol. Sumber foto: unsplash.com/Giovanna Gomes.

10. Alkohol

Alkohol adalah minuman populer yang dikonsumsi banyak orang, terutama selama situasi sosial. Namun, penting untuk diingat bahwa alkohol memang memiliki implikasi kesehatan tertentu.

Secara khusus, alkohol dapat berkontribusi pada akumulasi lemak visceral, yang dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan kronis, termasuk masalah jantung dan diabetes tipe 2.

Untuk memastikan bahwa kebiasaan minum alkohol kamu tetap sehat dan aman, pertimbangkan untuk tetap mengonsumsi minuman ringan dengan kandungan alkohol yang lebih rendah dan membatasi asupan harian kamu. 

11. Soda

Stephenson menyatakan, makanan terburuk yang berkontribusi terhadap kelebihan lemak visceral adalah soda, baik jenis biasa yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi dan jenis diet yang dimaniskan dengan pemanis buatan.

Beberapa penelitian telah mengaitkan minuman berpemanis gula dengan lemak perut visceral, serta peningkatan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Satu studi melihat bagaimana kebiasaan mengonsumsi soda memengaruhi penumpukan lemak pada orang dewasa yang sehat dan menunjukkan bahwa minuman berpemanis jelas terkait dengan penumpukan lemak visceral yang lebih besar di daerah perut.

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya