Top 3 Berita Hari Ini: Ringkas Antrean, Bandara Inggris Bakal Pakai Pemindai 3D Pertengahan 2024

Top 3 Berita Hari Ini, Bandara Inggris bakal pakai pemindai 3D, cerita Youtuber di Qatar dan benda bersejarah di proyek MRT.

oleh Henry diperbarui 20 Des 2022, 22:11 WIB
Ilustrasi bandar udara, bandara. (Photo by VOO QQQ on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Inggris telah mengungkapkan perombakan besar-besaran aturan keamanan di bandara, yang bisa meringkas antrean jauh lebih pendek. Penumpang udara akan diizinkan membawa 2 liter botol cairan mulai Juni 2024 dan seterusnya. Batas saat ini adalah 100ml. 

Cairan tidak lagi harus berada di dalam kantong plastik, laptop dan tablet juga tidak harus dikeluarkan dari tas saat penumpang melewati keamanan bandara.  Bandara Inggris juga akan memasang pemindai 3D.

Teknologi ini memungkinkan staf keamanan untuk memperbesar barang-barang di bagasi pelancong dan memutar gambar untuk pemeriksaan terperinci.  Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang seorang YouTuber bernama David Vujanic.

Ia membagikan kenangan yang paling membekas saat ke Piala Dunia 2022 justru ditemukannya di dalam toilet di Qatar.  Vujanic mengatakan, "bokongnya sangat bersyukur" setelah menemukan bidet di toilet saat di Qatar.  Konten kreator asal Serbia kelahiran Kroasia ini mulai menggunakan bidet secara teratur di Qatar.

Tweet viral awalnya jadi salah satu dari sekian banyak, karena ia berkicau 13 kali lebih banyak ke 137.700 pengikut Twitter-nya tentang "cebokan bokong." Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang  PT MRT Jakarta menemukan artefak zaman kolonial Batavia dan Sunda Kelapa di lokasi pembangunan MRT Fase 2 Bundaran HI-Kota.

Temuan tersebut berupa saluran air kuno Batavia dan bagian struktur jembatan Glodok yang merupakan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB). Hal itu mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk arkeolog Candrian Attahiyat .

Ia merasa cemas ketika proyek MRT Fase 2 itu dimulai pada 2020. Jalur sepanjang sekitar 5,8 km itu akan menghubungkan pusat kota dengan bagian utara Jakarta yang berarti akan melewati rel trem yang dibangun di zaman kolonial Belanda. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

Ringkas Antrean, Bandara Inggris Bakal Pakai Pemindai 3D Pertengahan 2024

Bandara Heathrow di London, Inggris. (dok.Instagram @heathrow.airport/https://www.instagram.com/p/CEL_4CdodTx/Henry)

Sekretaris Transportasi Inggris telah mengungkapkan perombakan besar-besaran aturan keamanan di bandara, yang bisa meringkas antrean jauh lebih pendek. Penumpang udara akan diizinkan membawa 2 liter botol cairan mulai Juni 2024 dan seterusnya. Batas saat ini adalah 100ml.

Cairan tidak lagi harus berada di dalam kantong plastik, laptop dan tablet juga tidak harus dikeluarkan dari tas saat penumpang melewati keamanan bandara. "Pada tahun 2024, bandara utama di Inggris akan memasang teknologi keamanan terbaru, mengurangi waktu antrean, meningkatkan pengalaman penumpang, dan yang paling penting mendeteksi potensi ancaman," kata Sekretaris Transportasi Inggris Mark Harper, dikutip dari Euro News, Minggu (18/12/2022).

Selanjutnya…

Cerita YouTuber yang Kini Betah Cebok Pakai Air Setelah Sebulan Nonton Piala Dunia 2022 di Qatar

David Vujanic, YouTuber yang mengaku betah cebok pakai air setelah sebulan nonton Piala Dunia 2022 di Qatar. (dok. Instagram @dvujanic/https://www.instagram.com/p/ClXAsqWM_9l/)

Ada banyak memori dari hampir sebulan gelaran Piala Dunia 2022. Namun, bagi YouTuber bernama David Vujanic, kenangan yang paling membekas justru ditemukannya di dalam toilet di Qatar.

Vujanic mengatakan, "bokongnya sangat bersyukur" setelah menemukan bidet di toilet negara tuan rumah Piala Dunia 2022. "Sudah menggunakan bidet toilet di Qatar selama sebulan. Saya benar-benar ngeri kami hanya menggunakan tisu toilet di Inggris/Eropa. Ini adalah hal terbaik yang pernah ada," kicau David di akun Twitter-nya, pekan lalu.

Selanjutnya…

Arkeolog Berharap Penemuan Benda Bersejarah di Proyek MRT Dijadikan Cagar Budaya

Penampakan jalur rel trem pada masa kolonial Belanda di lokasi proyek MRT Jakarta fase 2 di kawasan Jalan Gajah Mada, Jakarta, Rabu (9/11/2022). Rel trem ini merupakan rel kereta pertama dalam sistem perkeretapian di Indonesia yang dibangun pada tahun 1869 silam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PT MRT Jakarta menemukan artefak zaman kolonial Batavia dan Sunda Kelapa di lokasi pembangunan MRT Fase 2 Bundaran HI-Kota. Temuan tersebut berupa saluran air kuno Batavia dan bagian struktur jembatan Glodok yang merupakan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB).

Hal itu mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk arkeolog Candrian Attahiyat . Ia merasa cemas ketika proyek MRT Fase 2 itu dimulai pada 2020.

Selanjutnya...

Infografis 16 Bandara Dibuka untuk Penerbangan Internasional (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya