Cerita SBY Pantau Piala Dunia 2022, Pilih Netral Saat Jepang Lawan Kroasia

Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono diam-diam memantau laga Piala Dunia 2022 di Qatar. Salah satu yang berkesan saat Jepang lawan Kroasia.

oleh Wayan Diananto diperbarui 15 Des 2022, 13:30 WIB
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY rupanya memantau perkembangan Piala Dunia 2022 di Qatar. Ia menonton pertandingan dari layar kaca saat jam siar tak terlalu malam.

Ada banyak kejutan dalam putaran Piala Dunia 2022 Qatar termasuk sejumlah pertandingan yang berlangsung dramatis. Salah satu yang membekas di benak SBY, saat Jepang meladeni Kroasia.

Pertandingan ini membuat SBY dilema dan tak bisa memihak karena Jepang maupun Kroasia punya tempat khusus di hatinya. Ini disampaikan Sekretaris Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Andi Mallarangeng.

“(Pak SBY bilang) saya tidak menjagokan, saya selalu netral kalau menyaksikan dua tim menjalani pertandingan. Saya menikmati pertandingan tersebut,” Andi Mallarangeng membocorkan.

 

2 dari 4 halaman

Jepang Wakil Asia

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menggelar jumpa pers di Cikeas, Bogor, Rabu (2/11). Presiden ke-6 RI itu menyampaikan tanggapannya terkait berbagai isu nasional, keamanan dan politik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam interviu dengan Showbiz Liputan6.com via telepon baru-baru ini, Andi Mallarangeng membeberkan, saat bertamu di Cikeas, SBY menyebut Jepang salah satu wakil Asia yang kala itu kerap bikin kejutan.

“Jepang versus Kroasia salah satu laga yang meninggalkan kesan. Pak SBY terpecah hati. Di satu sisi, Jepang salah satu wakil Asia yang sangat diunggulkan kala itu,” katanya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kedekatan Pribadi Dengan Kroasia

Logo Piala Dunia 2022 di Qatar. (Foto: Dok. Twitter @FIFAWorldCup)

“Di sisi lain, Pak SBY punya kedekatan secara pribadi dengan Kroasia. Dulu Pak SBY pernah bertugas di Kroasia sebagai pasukan penjaga perdamaian di bawah payung PBB,” Andi Mallarangeng menyambung.

Diakuinya, sepak bola olahraga yang menyatukan masyarakat dunia. Pesta olahraga Piala Dunia membuat publik lupa akan perbedaan dan memfokuskan perhatian ke lapangan hijau seraya menebalkan sportivitas.

 

4 dari 4 halaman

Nonton Pertandingan Jam 22

Logo Timnas Indonesia dan Piala Dunia 2022. (Bola.com/Dody Iryawan)

“Sepak bola memang olahraga yang menyatukan. Pak SBY ikut menonton pertandingan Piala Dunia 2022, khususnya kalau siarannya di jam 10 malam,” Andi Mallarangeng mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya, saat Kaesang Pangarep mengantar langsung undangan pernikahan ke Cikeas, SBY menyambut hangat. Usai serah terima undangan, keduanya mengobrol soal sepak bola dan Piala Dunia 2022.

 

Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya